Saturday, June 25, 2016

Mengusir Semut dengan Bahan-Bahan Alami

Saya akan membagikan beberapa tips yang perlu Anda coba. Terutama bagi teman-teman yang memiliki problem yang sama dengan saya, yaitu Semut! Di rumah saya, banyak sekali semut-semut berkeliaran, padahal sudah mencoba untuk selalu menjaga kebersihan. Tidak ada sampah dan bahan-bahan yang mengundang semut dirumah. Namun, hingga berita ini diturunkan, masih saja ada semut dirumah.

Sudah menggunakan kapur ajaib untuk mengusir semut, namun ternyata penggunaan kapur ajaib dapat membuat cat rusak, tidak enak terlihat mata karena biasanya kita harus mencorat coret dinding, dan bagi Anda yang memiliki balita dirumah, penggunaan kapur ajaib tidak baik untuk pernapasan balita dirumah. Terlebih lagi, kapur ajaib dapat membunuh semut. Allah melarang kita untuk membunuh hewan yang selalu bertasbih ini.

Lalu apa yang Aman digunakan untuk mengusir semut? Saya mencoba searching di internet dan menemukan beberapa kelemahan semut. Ternyata, semut sangat bergantung indera penciumannya. Semut memiliki lebih dari 12.000 jenis (spesies) dan mereka hidup berkelompok dan berkoloni. Anggota koloni terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Dengan menggunakan beberapa bahan alami yang ramah lingkungan, Anda dapat mengacaukan indera penciuman semut sehingga tidak akan pernah muncul lagi.
Ilustrasi oleh Kompasiana
Beriku ini beberapa bahan alami yang dapat mengusir semut-semut nakal tersebut.
  1. Baking soda, Kayu manis, Garam, dan lada : Anda dapat menggunakan baking soda, kayu manis atau perpaduan garam dan lada karena bahan ini dapat mengacaukan penciuman semut.Taburkan baking soda, kayu manis bubuk atau campuran garam dan lada ditempat-tempat yang sering ada semutnya.
  2. Cuka, Air perasan jeruk nipis, Semprotkan air perasan jeruk nipis atau cuka pada jalan yang biasa dilalui semut, dijamin semut tidak akan mengganggu makanan Anda.
  3. Daun sirih, Remas daun sirih dan letakkan pada bagian yang Anda inginkan bebas dari semut. Bau daun sirih ternyata sangat dibenci semut juga lho..!
  4. Bubuk kopi, Selain bermanfaat menetralisir bau, ternyata bubuk kopi dapat membuat semut kabur. 
  5. Cengkeh, juga memiliki bau yang tidak disukai oleh semut. Haluskan cengkeh dan taburkan pada area semut.
  6. Kulit telur ayam, Hancurkan kulit telur dan sangrai hingga berwarna kehitaman. Caranya sama dengan yang diatas yaitu dengan menaburkan di area semut.
  7. Bedak bayi, Jika bayi Anda tidak ingin digigit semut, silahkan taburkan bedak bayi di bawah tempat tidurnya atau tempat lainnya.

Sekarang kita sudah tahu bahwa terdapat bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir semut. Tidak perlu menggunakan kapur ajaib atau insectisida lagi karena menggunakan bahan alami lebih aman dan baik untuk lingkungan. Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment