Monday, June 20, 2016

Tanaman Hias yang Mudah Dipelihara di Dalam Ruangan

Rumah adalah surga bagi pemiliknya. Ketika berada rumah kita ingin mendapatkan suasana yang menyenangkan dan juga menyehatkan. Keadaan rumah seperti itu tidak terlepas bagaimana kita merawat rumah dengan sebaik mungkin. Selain kebersihan, kita juga perlu untuk menata dan memperhitungkan tanaman hias yang dapat mempercantik rumah dan tentu saja dapat menyehatkan.
Saya baru saja mendapatkan tanaman yang direkomendasikan. Tanaman hias berikut ini sangat mudah dipelihara khususnya di dalam ruangan. Berikut ini, beberapa tanaman hias yang masuk menjadi daftar pelihara di taman rumah.

Chinese Evergreen
Tanaman yang masuk pada family araceae ini ialah jenis hybrid dari tanaman asli yang berasal dari Asia Tenggara. Chinese Evergreen biasa dikenal dengan nama lokal Sri Rejeki (Aglaonema commutatum) ini, Sangat mudah hidup di daerah dingin maupun kering. Beberapa farieatas tumbuh dari jenis tamanan ini seperti red thailand aglaonema, "silver queen" aglaonema, dan sebagainya.
Chinese Evergreen oleh flowershopnetwork
Daun Sri rejeki berukuran panjang 15-25cm dan lebar 7,5cm sangat cocok dijadikan tamanan hias di indoor ataupun outdor. Dalam perawatan, tanaman ini tak memerlukan banyak perawatan khusus seperti pupuk maupun obat anti hama. Meskipun sering di padang sebelah mata, tamanan ini cukup tanggung dan terlihat hijau jika ditanam di pekarangan. Perlu diingat bahwa, aglonema tidak akan kuat dengan suhu dibawah 13 derajat celcius dan simpan tanaman anda di tempat yang jauh dari hembusan udara dari pintu atau jendela.

Dracaena Fragrans
Taman satu ini mungkin belum diketahui banyak orang. Tahu rupa namun tidak tahu nama. Taman hias satu ini mungkin sering terlihat di pekarangan rumah, namun karena kurang perawatan jadi tidak terlihat keindahannya. Padahal di negara lain seperti Inggris dan Amerika sejak tahun 1837 telah mencintai tanaman hias satu ini.
Dracaena Fragrans oleh superiorplantscapes
Nama ilmiahnya adalah Dracaena fragrans 'Massangeana'. Kebandelannya sudah tidak perlu diragukan lagi karena tanaman ini sangat mendukung sebagai tanaman indoor berbatang tegak dengan daun-daun yang menjuntai. Suhu ideal Dracaena Fragrans berkisar 16o s.d. 24o C. Beberapa jenis Dracaena adalah:

a. Dracaena Deremensis
b. Dracaena Marginata
c. Dracaena Draco
d. Dracaena Sanderiana
e. Dracaena Reflexa
f. Dracaena Godseffiana
g. Dracaena Fragrans

Lidah Mertua
Tanaman yang nama aslinya adalah Sansevieria trifasciata 'Laurentii', tak memerlukan perawatan untuk tumbuh dengan baik. Diluar negeri, tanaman ini lebih dikenal dengan nama Snake Plant karena memiliki motif daun yang mirip dengan sisik ular. Hampir semua jenis lidah mertua mampu bertahan kendati dalam pencahayaan rendah. Satu-satunya masalah yang dapat terjadi adalah akar membusuk jika terlalu banyak air.
Lidah Mertua oleh manfaat.co.id

Ada beberapa manfaat dari tamanan lidah mertua yaitu:
  1. Dapat menyerap 107 jenis polutan pada daerah yang padat lalu lintas dan ruangan yang penuh asap rokok
  2. Satu tanaman lidah mertua berjenis trifasciata lorentii dewasa dengan daun 4/5 helai mampu menyegarkan ruangan seluas 20m2. Hal ini berarti tamanan ini dapat menyehatkan ruangan yang mengandung gas karbon dioksida, nikotin rokok, serta pemakaian AC.
  3. Lidah mertua berjenis trifasciata lorentii yang dipotong 5 cm dan ditempatkan di kulkas dapat menghilangkan aroma yang tidak sedap.
  4. Mampu mereduksi radiasi elektromaknetik, sehingga sangat baik di letakkan di dekat TV atau PC.
Philodendron
Philodendron adalah sejenis tumbuhan dari suku Araceae, yang mempunyai banyak spesies. Namanya berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata philo ("cinta") dan dendron ("pohon"). Karena keindahan bentuk dan warna-warni daunnya, Philodendron banyak disukai sebagai tanaman penghias ruangan atau taman.

Philodendron adalah tumbuhan yang banyak dijumpai di hutan tropis seperti di Indonesia. Biasanya tumbuh di tempat-tempat yang lembap, di rawa, pada tepi sungai, maupun di pinggir jalan. Banyak anggotanya yang hidup merambat pada tumbuhan lain dengan bantuan akarnya.

Tanaman Laba-laba
Tanaman laba-laba (Spider Flower) - adalah tanaman dengan nama binatang yaitu laba-laba dengan bahasa ilmiahnya adalah chlorophytum comosum vittatum. Mungkin dinamakan laba-laba tanaman ini karena memiliki daun yang mirip dengan rambut dan jaring laba-laba yang bewarna hijau putih dengan garis putih. 
Tanaman Laba-laba
Tanaman ini masih saja populer sebagai tanaman indoor. Bentuknya yang rimbun dapat digantung maupun diletakkan sebagai tanaman pojok di atas pedestal tinggi. Anakan tanaman ini dapat dikembangkan di dalam air maupun ditanam di pot tanah sebagai tanaman baru.

Keladi-keladian
Keladi merupakan sekelompok tumbuhan dari genus Caladium (suku talas-talasan, Araceae). Dalam bahasa sehari-hari keladi kerap juga dipakai untuk menyebut beberapa tumbuhan lain yang masih sekerabat namun tidak termasuk Caladium, seperti talas (Colocasia). Keladi sejati jarang membentuk umbi yang membesar. Asal tumbuhan ini dari hutan Brazil namun sekarang tersebar ke berbagai penjuru dunia.

Penciri yang paling khas dari keladi adalah bentuk daunnya yang seperti simbol hati/jantung. Daunnya biasanya licin dan mengandung lapisan lilin. Ukuran keladi tidak pernah lebih daripada 1m. Beberapa jenis dan hibridanya dipakai sebagai tanaman hias pekarangan.

Cemara Norfolk
Cara memilihara tanaman cemara Norfolk adalah dengan menempatkan tanaman ini di area yang terkena sinar matahari langsung. Penyimpanan tanaman norfolk di indoor juga akan lebih baik. Temperatur yang di sukai cemara norfolk sekitar 16-24 derajat celcius. Pemupukan dapat dilakukan 2 minggu sekali.
Cemara Norfolk
Pencahayaan yang kurang mengakibatkan cemara Norfolk berubah menjadi cokelat dan rontok. Di habitat aslinya cemara ini dapat mencapai tinggi 60 meter. Namun sebagai tanaman hias di dalam ruangan, cemara norfolk umumnya hanya mencapai tinggi 3 meter.

Dieffenbacchia
Dieffenbacchia yang kerap disebut sebagai daun bahagia memiliki batang yang mirip dengan tebu. Kebanyakan orang menanamnya karena memiliki daun rimbun dengan paduan hijau putih, sehingga menjadikan penampilan tanaman ini cukup mempesona di dalam ruangan. Penampilan daun yang tebal berwarna hijau dan putih juga mempertegas nuansa tropis yang diberikan di dalam ruangan. Namun Anda haru sberhati-hati karena semua bagian tanaman ini beracun dan dapat menyebabkan iritasi parah pada bibir dan lidah. 
Dieffenbacchia oleh flickr.com
Dikutip dari forum.liputan6.com yang mengambil komentar seorang ibu kepada tribun menjelaskan bahwa 
“Saya belum lama ini, telah kehilangan anak saya yang baru berusia 3 tahun, usai ia memakan dan menelan daun dari tanaman beracun tersebut. Sungguh Anda harus waspada terhadap tanaman yang satu ini, hanya 15 menit anak saya meninggal dunia”.

Demikian tadi beberapa tanaman hias yang menjadi daftar yang wajib ada di halaman dan ruangan rumah. Selain mudah untuk merawatnya, tanaman tersebut sangat baik untuk menyegarkan udara di rumah.

Daftar Pustaka
  1. Tabloidnova, 13 November 2012, 10 Tanaman Hias Paling Mudah Dipelihara, di peroleh pada 20 Juni 2016 dari: http://tabloidnova.com/Griya/Taman/10-Tanaman-Hias-Paling-Mudah-Dipelihara
  2. Tanaman Obat, Manfaat tanaman lidah mertua, diperoleh pada 20 Juni 2016 dari: http://www.tanamanobat.net/manfaat-tanaman-lidah-mertua/
  3. Wikipedia.com



0 comments:

Post a Comment