Thursday, July 21, 2016

Plus Minus Pokemon Go

Pokemon go! Siapa yang tidak kenal game yang lagi digandrungi banyak orang ini. Pokemon go sendiri adalah sebuah permainan realitas tertambah dalam smartphone yang dikembangkan oleh Niantic, sebuah perusahaan sempalan milik Google, yang tersedia pada perangkat iOS dan Android secara terbatas di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan Jerman.
Pokemon Go
Pokemon sendiri diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada tahun 1995. Pada mulanya, Pokémon adalah seri permainan video yang identik dengan konsol Game Boy. Pokémon merupakan permainan video tersukses kedua di dunia setelah serial Mario yang juga dimiliki oleh Nintendo. Pokémon sendiri muncul dalam beragam bentuk, yaitu permainan video, anime, manga, trading cards, buku, mainan, dan masih banyak lagi termasuk sekarang ini dalam bentuk game berbasis augmented reality (realitas tertambah) di ponsel pintar. Permainan Pokemon Go sendiri menggunakan GPS (Sistem Pemosisi Global). Anda bermain dengan berjalan-jalan di dunia nyata menangkap monster virtual yang menggemaskan seperti Pikachu dan Jigglypuff di tempat-tempat dekat lokasi ponsel Anda dan melatih mereka untuk bertanding.

Beberapa istilah yang ada pada permainan ini adalah :
  1. Pokemon: pocket monster (monster paket)
  2. Pokestop: tempat penting
  3. Pokeball: persediaan yang dapat dilempar untuk menangkap Pokemon untuk dilatih
  4. Gym: lokasi dimana Pokemon bertanding satu sama lain
  5. Pikachu: Pokemon yang paling terkenal dan menjadi ikon di budaya Jepang
Setelah mengenal permianan Pokemon go, kita masuk pada judul artikel ini yaitu plus minus permainan ini. Tentu saja setiap permainan memiliki dampak positif dan negatif. Lalu apa yang dapat diberikan oleh aplikasi buatan niantic ini?

Plus
Kita awali dengan Plus atau nilai tambah permainan ini. 
1. Secara langsung membuat pemainnya bergerak dan berolahraga
Permaianan pokemon go adalah permainan berbasis GPS sehingga untuk mendapatkan pokemon dan melakukan aktifitas game ini harus berjalan atau bahkan berlari. Sehingga secara tidak langung tubuh kita akan bergerak dan seperti olahraga. Hal ini tentu saja berbeda dengan game yang lainnya yang cenderung harus berlama-lama di depan PC.
Map Pokemon Go

2.  Menghasilkan pendapatan
Sudah banyak sekali akun-akun pokemon yang dijual di eBay. Caranya adalah memasang iklan pada eBay dengan harga tertentu. Salah satu contohnya adalah artikel yang dimuat oleh kompas menyatakan bahwa Akun "Pokemon Go" Level Tinggi Dijual Jutaan Rupiah. Daftar akun-akun Pokemon Go yang dijual ini sekarang sudah mulai muncul di berbagai situs atau media sosial, antara lain adalah Craiglist, PlayerUp, dan Facebook. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah untuk yang berlevel tinggi dan memiliki pokemon langka.
Harga akun pokemon go di eBay


Minus
Sedangkan untuk dampak negatif dari pokemon go diantaranya adalah sebagai berikut: 
1. Menyita Waktu dan membuat tidak Fokus
Pokemon go sangatlah menyita waktu dan membuat orang cenderung ketagihan dan meninggalkan pekerjaannya. Kata Psikolog Vidyastuti, Jumat (15/7/2016) yang dikutip dari tribun news "Itu dampak dasar ketika orang bermain, secara umum akan menghabiskan waktu dan hal lain menjadi teralihkan. Apalagi game ini cara memainkan harus dengan berjalan ke luar rumah atau berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain,".

2. Membahayakan Jiwa Penggunanya
Banyak sekali kasus-kasus yang berikaitan dengan pokemon go. Dicuplik dari Liputan6.com dilaporkan bahwa dua orang gamer di kalifornia dikabarkan terjatuh dari tebing saat sedang bermain Pokemon Go. Kejadian tersebut berlangsung pada Rabu, 13 Juli 2016 pukul 13.10 waktu setempat. Selain itu, solopos.com mengabarkan bahwa terjadi kecelakaan fatal terjadi di Auburn, New York, Amerika Serikat. Sebuah mobil menabrak pohon dan mengalami kerusakan lumayan parah.“Sang pengemudi mengakui kalau dia sedang memainkan Pokemon Go sembari mengemudi yang membuat dia hilang konsentrasi sehingga menabrak pohon,” demikian keterangan dari kepolisian setempat.
Kecelakaan Parah karena Pokemon go oleh Solopos
3. Dijadikan Modus
Akhir-akhir ini ada larangan untuk memainkan permainan pokemon go. Diantaranya larangan kapolri untuk memainkan pokemon diwilayah kepolisian. Kemudian adanya larangan memainkan pokemon di wilayah istana. Beberapa larangan ini sangat beralasan mengingat permainan ini dapat dijadikan modus untuk memata-matai suatu lokasi yang rahasia. Bahkan ada modus lain dimana ada pemuda yang kepergok melakukan mesum namun beralasan sedang mencari pokemon. Hal itu dikabarkan oleh brilio.net dimana di Sukoharjo, Jawa Tengah, sepasang muda-mudi terpergok mesum di sebuah ruko. Setelah ditangkap warga, mereka mengelak dituduh berbuat mesum. Namun pemuda tersebut mengelak dakwaan warga dan beralasan sedang mencari pokemon. Ada-ada saja memang! Hati-hati bagi para orang tua jika punya pemuda seperti ini!

Memang banyak sekali dampak plus dan minus terhadap permainan pokemon go. Kita sebagai user permainan tersebut tentu saja harus bijak untuk menggunakannya. Jangan sampai hanya demi pokemon pekerjaan utama kita terganggu. Saran saya adalah gunakan permainan ini untuk sarana refreshing dari suntuknya rutinitas sekaligus berolahraga. Syukur-syukur dapat menjual akun dan mendapatkan penghasilan darinya. Untuk pemerintah sebaiknya punya cara lain selain hanya melarang dengan surat edarannya. Alangkah baiknya pemerintah langsung mengontak google agar didaerah yang sangat vital tidak dapat menggunakan map atau bahkan di hapus dari peta google. Mengingat ini adalah hak teritorial NKRI.

Demikian sedikit ulasan mengenai Plus dan Minus Pokemon go. Ini menurut pemikiran saya, Jika Anda memiliki pemikiran yang lain, silahkan berikan komentar pada kolom yang telah disediakan. Salam gamers!!

Daftar Pustaka:
  1. BBC, Pokemon Go: Semua yang perlu diketahui, 12 Juli 2016, diperoleh tanggal 21 Juli pada situs http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2016/07/160712_majalah_pokemon_go
  2. Kompas tekno, Akun "Pokemon Go" Level Tinggi Dijual Jutaan Rupiah, 18 Juli 2016, diperoleh tanggal 21 Juli pada situs: http://tekno.kompas.com/read/2016/07/18/13120017/Akun.Pokemon.Go.Level.Tinggi.Dijual.Jutaan.Rupiah
  3. Liputan6, Duh, Gara-Gara Pokemon Go Gamer Ini Terjatuh dari Tebing, 16 Juli 2016, diperoleh dari situs: http://tekno.liputan6.com/read/2553518/duh-gara-gara-pokemon-go-gamer-ini-terjatuh-dari-tebing
  4. Solopos, Mobil Remuk Tabrak Pohon Akibat Pengemudi Kejar Pokemon, 14 Juli 2016, diperoleh dari situs: http://www.solopos.com/2016/07/14/demam-pokemon-go-mobil-remuk-tabrak-pohon-akibat-pengemudi-kejar-pokemon-737168

0 comments:

Post a Comment