Thursday, August 4, 2016

Cara Mencetak (Print) Artikel Menjadi Sebuah Buku (Booklet)

Membaca sebuah artikel pada sebuah laptop atau PC dengan membaca langsung di Buku amatlah berbeda. Saya rasakan membaca melalui media laptop dan PC lebih cepat membuat mata lelah dan tidak dapat menandai apa yang kita baca. Apalagi artikel yang di baca ber-format .pdf. Beda lagi membaca melalui buku. Jika membaca langsung dari buku amatlah mudah dan dapat diberikan tanda seperti sekat/pembatas dan di beri mark menggunakan pensil atau pensil warna.
Booklet via fedex
Nah, berbicara hal tersebut, saya memiliki sedikit tips jika Anda menginginkan membaca artikel dari hasil download atau file berjenis digital dan menjadikannya buku. Bagaimana cara mencetak (print) artikel menjadi sebuah buku arga mudah dibaca, ditandai dan dibawa sebagai pengingat. Silahkan ikuti cara sebagai berikut ini.

1. Buka dokumen/file berbentuk digital anda baik berbentuk dokumen dari microsoft office ataupun pdf;
2. Setelah file terbuka pencet CTRL+P pada keyboard atau PRINT;

3. Setting print dan Pilih BOOKLET;
4. Pastikan page setup dokumen sama dengan kertas dokumen yang akan mencetak file dan Anda dapat mengatur dengan beberapa pilihan didalamnya; 
5. Setelah semua settingan terpilih, klik OK lalu klik tombol PRINT;
6. Proses mencetak akan dilakukan secara bertahap karena booklet atau buku yang dibuat halamnnya bolak-balik;
7. Tahap pertama, cetakan dengan urutan ganjil. 
8. Tahap kedua, pada layar monitor akan terbuka jendela (Warning Printer) untuk mencetak halaman genap. Perhatikan cara menaruh kertas hasil cetakan tahap pertama dengan posisi seperti yang ditampilkan pada layar.

9. Setelah semua tercetak Anda hanya perlu melipat dan mensteples hasil print agar nampak seperti buku.


Dengan beberapa langkah diatas, buku yang dapat mempermudah Anda dalam proses membaca telah selesai. Perlu diingat bahwa ketika proses mencetak (Print) pastikan tidak ada kertas yang slip karena dapat membuat pekerjaan mencetak buku/booklet berantakan. Demikian sedikit tips dari masimam (dot) com semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment