Tuesday, September 27, 2016

Kereta Api Joko Kendil, kereta legendaris sejak 1938

Kabar baik untuk pecinta kereta api jadul, PT Kereta Api In­donesia (KAI) Daerah Oprasional (Daop) I, Jakarta kembali mengoprasionalkan kereta Bon-bon dan Joko Kendil sebagai kereta wisata. Kereta legendaris buatan 1938 ini rencanannya diperuntukan bagi wisatawan untuk keliling Jakarta. Peluncuran kedua kereta api wisata ini bertepatan dengan rangkaian HUT PT Kereta Api Indonesia ke 71.

Kereta api Joko kendil ada dua yaitu Joko kendil I dan Joko Kendil II. Joko Kendil I terkenal sebagai kereta elit untuk inspeksi para kepala PT KA zaman Belanda sedangkan Joko Kendil II yang dikenal sebagai kereta penolong. Dinding kereta Joko Kendil I dipoles dengan kayu berplitur coklat, dengan lantai plastik motif marmer, didalamnya tetap dipertahankan seperti fungsi kereta dulunya yaitu untuk tempat pertemuan para pejabat PT KA dengan dilengkapi sebuah bar mini. Sedangkan untuk Joko Kendil II dalamnya yang dulunya berisi peralatan derek kereta, saat ini diubah menjadi ruangan santai dengan kursi empuk berjajar.
Joko Kendil sejak 1938
Joko kendil merupakan kisah dari tanah jawa dimana Joko Kendil Yang Selama Hidupnya Sering Di Ejek Dan Di Cemooh Orang Karena Fisiknya. Namun, Di Balik Itu Semua, Karena Kesabaran Ia Memperoleh Kebahagian Yang Sangat Luar Biasa. Hidup Bahagia Selamanya Dengan Istri Yang Sangat Cantik.





Daftar Pustaka:

  1. Suarakarya, Kereta Wisata PT KAI Operasionalkan Joko Kendil, diperoleh pada tangal 27 September 2016 di: http://m.suarakarya.id/2016/09/26/kereta-wisata-pt-kai-operasionalkan-joko-kendil.html
  2. Tempo, Kereta Api Legendaris Joko Kendil Dihidupkan Kembali, diperoleh pada tanggal 27 September 2016 di: https://m.tempo.co/read/news/2009/02/27/058162299/kereta-api-legendaris-joko-kendil-dihidupkan-kembali

0 comments:

Post a Comment