Thursday, September 1, 2016

Selamat Malam Jumat! Bagi yang Merayakan

Selamat malam, kebetulan sekarang ini adalah malam jumat. Kamis malam besoknya hari Jumat. Terpikir salam dari sanak sodara atau teman sebaya yang memberikan ucapan "selamat malam jumat!" Seberapa penting malam ini sehingga ada sebagian orang yang memberikan ucapan seperti itu. Sedikit penasaran dengan ucapan ini, so mari kita jelajahi malam ini.
Hal yang pertama saya lakukan pasti bertanya sama moyang google. Dengan kata kunci "Malam Jum'at". Agak sedikit tercengang karena hasil dari penelusuran simbah moyang seperti ini:
Hasil Pencarian Google
Dari gambar diatas, ada beberapa kata kunci rujukan mengenai malam jumat, yaitu Malam Jumat Sunnah Rosul, Malam jumat Lucu dan Malam jumat Kliwon. Sedikit informasi saja bahwa referensi yang disediakan oleh google diatas merupakan kata-kata yang sering dicari di mesin pencarian seperti ini. Mengingat kata-kata diatas merupakan bahasa Indonesia, berarti kita dapat sedikit menyimpulkan bahwa pencarian yang sering dicari oleh orang Indonesia (Sebagai pengguna bahasa Indonesia) adalah kata-kata diatas.

Sunnah Rosul
Tragisnya,... adalah kata yang paling pertama muncul adalah kata sunnah rosul. Mungkin karena kebanyakan orang penasaran dengan hubungan malam jumat dengan sunnah rosul. Atau sudah menjadi stikma, bahwa istilah sunnah rosul yang dilakukan dimalam jumat adalah sesuatu yang asik yang melibatkan suami istri. Tertarik dengan hal tersebut, saya mencoba mengeklik artikel yang Jaga Mulutmu!! Stop Menggunakan Kata "Sunnah Rasul" Di Malam Jumat.
Artikel Sunnah Rosul
Pada intinya, artikel dari kabarmakkah.com tersebut mengatakan atau mengingatkan bahwa hadis yang menyebutkan bahwa berhubungan suami istri dimalam jumat itu adalah palsu. Tidak jelas sumbernya dan kebenarannya. Hingga kini juga penulis belum sempat tanya kepada ustad atau mencari lebih detail mengenai hal ini. Yang jelas, selalu menjaga hubungan suami istri seperti itu merupakan hal yang baik dan dapat membuat hubungan semakin harmonis. Asalkan dilakukan dengan pasangan halal hal ini tentu saja tidak salah bukan?
Berikut ini salah satu hadis yang diambil dari quranhadis.com, mengenai pahala berhubungan suami istri:
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, "Dalam kemaluanmu itu ada sedekah." Sahabat lalu bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah kita mendapat pahala dengan menggauli istri kita?."Rasulullah menjawab, "Bukankah jika kalian menyalurkan nafsu di jalan yang haram akan berdosa? Maka begitu juga sebaliknya, bila disalurkan di jalan yang halal, kalian akan berpahala."(HR. Bukhari, Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah)
Jumat Kliwon
Selain hal diatas, malam jumat yang lainnya adalah dengan tambahan kliwon. Malam jumat kliwon tentu saja hanya ada di Jawa. Namun sudah dikenal seantero Indonesia. Coba cek saja, dengan hanya mengetikkan kata malam jumat kliwon, kita mendapatkan berbagai macam pilihan. Dari berbagai artikel yang membahas penampakan, ritual, dan sebagainya. Sudah tahu sendiri-lah jika bahas malam jumat yang satu ini. Berikut penampakannya:
Penelusuran Jumat Kliwon
Saya tidak akan terlalu banyak membahas yang satu ini. Karena dari anda pasti sudah tahu akan malam yang sangat dinantikan oleh sebagian orang ini. Tentu saja jika dinantikan berarti ada suatu pesta penyambutan atau perayaan. Ada yang takut (seperti saya) ada juga yang gembira dengan datangnya malam jumat weton kliwon.

Malam Jumat Para Santri
Beda lagi kalo kita membahas malam jumat di kota santri. Pada malam ini banyak orang melakukan berbagai amalan. Para orang tua ada yang tahlilan sekaligus rapat warga, yang muda ada yang sholawatan/ndibaan/albarjanji dan sebagainya. Ada pula yang membaca surat yasin. Malam jumat sendiri terdapat beberapa keistimewaaan. Diantaranya:
  1. Hari Jum'at adalah Hari Terbaik;
  2. Terdapat Waktu Mustajab untuk Berdo'a;
  3. Sedekah pada hari itu lebih utama dibanding sedekah pada hari-hari lainnya;
  4. Hari tatkala Allah SWT menampakkan diri kepada hamba-Nya yang beriman di Surga;
  5. Hari besar yang berulang setiap pekan;
  6. Hari dihapuskannya dosa-dosa;
  7. Jalannya Orang yang Shalat Jum'at adalah Pahala;
  8. Orang yang Wafat pada Malam atau Hari Jum'at adalah Khusnul Khatimah;
  9. Hari paling utama di dunia karena Allah menciptakan Nabi Adam ‘alaihissallam dan mewafatkannya, hari Nabi Adam ‘alaihissallam dimasukkan ke dalam surga, Hari Nabi Adam ‘alaihissallam diturunkan dari surga menuju bumi, dan Hari akan terjadinya kiamat.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:
"Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya. (HR. Muslim)"
Dari berbagai macam keistimewaan malam atau hari jumat tersebut, maka banyak sekali hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengisinya. Bebera diantaranya adalah membaca alquran, perbanyak sholawat dan sebagainya.Berikut ini hadis mengenai amalan dimalam jumat:
“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka ia akan mendapat cahaya antara dirinya dan rumah yang mulia (Mekkah)” (HR. Ad Darimi).

“Perbanyaklah shalawat untukku pada hari jum’ah dan malam jumah, karena barangsiapa yang bershalawat untukku dengan satu shalawat, niscaya Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali” (HR. Baihaqi).
Nah, cukup rasanya membahas malm jumat. Banyak sekali hal yang dapat dilakukan dimalam ini. Tentu saja dengan amalan dan cara yang berbeda-beda pula. Apapun itu, penulis mengucapkan: "Selamat Malam Jumat, Bagi Anda yang merayakan!".



Referensi:

  1. Makintau.com, beberapa keistimewaan hari jumat dalam islam, 15 Mei 2015, diperoleh pada tanggal 1 September 2016 pada : http://www.makintau.com/2014/11/beberapa-keistimewaan-hari-jumat-dalam-islam.html 
  2. inilahrisalahislam, ini amalan sunah malam jumat yang sebenarnya, diperoleh tanggal 16 September 2016 pada: http://inilahrisalahislam.blogspot.co.id/2013/10/ini-amalan-sunah-malam-jumat-yang.html

0 comments:

Post a Comment