Saturday, December 10, 2016

Kertas Kerja Audit

Menurut SA Seksi 339 Kertas Kerja paragraph 03 dalam Mulyadi (2002:100) mendefinisikan:
“Kertas kerja adalah catatan-catatan yang diselenggarakan oleh auditor mengenai prosedur audit yang ditempuhnya, pengujian yang dilakukannya, informasi yang diperolehnya dan kesimpulan yang dibuatnya sehubungan dengan auditnya.”

Kertas kerja pemeriksaan merupakan mata rantai yang menghubungkan catatan klien dengan laporan audit. Oleh karena itu, kertas kerja pemeriksaan merupakan alat penting dalam profesi auditor.

Adapun tujuan dari dibuatnya kertas kerja pemeriksaan, Arens terjemahan Wibowo (2004:197) mengemukakan tujuan kertas kerja pemeriksaan secara menyeluruh “untuk membantu auditor memberikan keyakinan yang memadai bahwa audit yang layak telah dilakukan sesuai dengan standar auditing yang ditetapkan Ikatan Akuntan Indonesia.”

Jenis kertas kerja audit adalah sebagai berikut:

a. KKA Utama adalah KKA yang berisi simpulan hasil audit untuk keseluruhan/suatu segmen/bagian/kegiatan yang diaudit. KKA utama sering juga disebut sebagai top schedule atai lead schedule. KKA utama dibuat untuk setiap segmen/bagian kegiatan yang diaudit.

b. KKA Ikhtisar adalah KKA yang berisi ringkasan informasi dari KKA yang berisi informasi yang sejenis/sekelompok tertentu. KKA ihktisar tidak harus ada dalam susunan KKA. KKA ikhtisar hanya disusun jika diperlukan untuk membantu pemahaman permasalahan agar menjadi lebih sederhana.

c. KKA Pendukung (supporting Schedul) adalah KKA yang berisi data daasar yang digunakan untuk mendukung KKA utama. KKA pendukung merupakan bukti audit yang diperoleh langsung selama pelaksanaan kegiatan audit, sehingga KKA pendukung berisi informasi rinci dari setiap permasalahan. KKA pendukung dibuat setiap lembar untuk suatu permasalahan. KKA pendukung disusun selama proses audit dilaksanakan dengan mengikuti PKA dan menuliskan referensi PKA-nya.

Kertas Kerja Audit



Daftar Pustaka:
  • Arens, Alvin A.,et al, 2004, Auditing dan Pelayanan Verifikasi Pendekatan Terpadu, Terjemahan oleh tim Dejacarta, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan 2, Jakarta, Indeks.
  • Ikatan Akuntan Indonesia, 2001, Standar Profesional Akuntan Publik, Jakarta, Salemba Empat.

0 comments:

Post a Comment