Wednesday, June 22, 2016

Lima Peristiwa Luar Biasa Hebat (PLH) Kereta Api terburuk di Indonesia

Selama periode perjalanan kereta api di Indonesia banyak sekali peristiwa-peristiwa yang tidak terlupakan. Salah satu catatan kelam Peristiwa Luar Biasa Hebat (PLH) kereta api termasuk di dalamnya. Berikut ini merupakan rangkuman PLH sejak tahun 1940.

Sedikitnya ada lima PLH yang sangat kelam dan semoga tidak akan pernah terjadi lagi. Berikut ini PLH paling kelam dilihat dari akibat korban tewas.

1. Kecelakaan di Lembah Anai Sumatera Barat

Jalur kereta api yang melewati Lembah Anai selesai dibangun pada tahun 1881. Rel kereta di lembah anai menggunakan rel bergigi sepanjang 33,8 Km. Lokomotif kereta apinya juga lokomotif khusus untuk rel bergigi. Ini diperlukan untuk rel yang menanjak tajam seperti melewati kawasan Lembah Anai yang tinggi dan terjal. Pada tanggal 25 Desember 1944, 200 orang tewas dan 250 orang terluka ketika kereta api kehilangan rem di lembah Anai, Sumatra Barat.

2. Tragedi Bintaro 19 Oktober 1987
Tragedi Bintaro oleh cdn.tmpo.co
Pada tanggal 19 Oktober 1987 sekitar jam 06.45, KA 225 Patas Merak bertabrakan dengan KA 220 yang sedang melaju (tabrakan head-to-head) di daerah Pondok Betung, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Terjadi dikarenakan KA 225 yang direncanakan bersilang dengan KA 220 di Stasiun Kebayoran, diganti menjadi di Stasiun Sudimara. Kecelakaan ini terjadi akibat kesalahan manusia karena Masinis KA 225 salah mendengar semboyan sehingga KA 225 berangkat tanpa sepengetahuan PPKA Stasiun Sudimara. Peristiwa ini mengakibatkan 156 orang tewas dan lebih dari 300 orang terluka. Peristiwa kecelakaan bintaro menjadi PLH yang sangat memalukan bagi dunia transportasi Indonesia hingga dibuatkan film dengan judul yang sama untuk mengingat dan menjadikan pelajaran agar tidak pernah terulang kembali.

3. Tabrakan kereta di Stasiun Ketanggungan Barat
Tabrakan kereta di Stasiun Ketanggungan Barat oleh juliussumant.files
Seperti judul berita surat kabar diatas, petaka di pai buta. Kecelakaan tabrakan kereta di Stasiun ketanggungan barat terjadi pada tanggal 25 Desember 2001, sekitar jam 04.33, kereta api 146 Empu Jaya menabrak Kereta api 153 Gaya Baru Malam Selatan yang sedang menunggu bersilangan di sepur 3 emplasemen Stasiun Ketanggungan Barat, Brebes. Tabrakan tersebut terjadi dikarenakan KA 146 melanggar sinyal masuk stasiun Ketanggungan Barat yang beraspek merah (tanda bahwa kereta harus berhenti). Peristiwa ini mengakibatkan 31 orang tewas dan 53 lainnya luka berat termasuk masinis dari KA 146.

4. Peristiwa Kecelakaan Kereta Api Ratu Jaya

2 November 1993 sekitar jam 07.30 pagi terjadi peristiwa tabrakan antara Kereta Rel Listrik di daerah ratu Jaya Kota Depok, Peristiwa Kecelakaan Kereta Api Ratu Jaya 1993 adalah peristiwa tabrakan hebat dua kereta api yang merupakan kecelakaan terburuk ketiga dalam sejarah perkeretaapian di Indonesia setelah terjadinya Tragedi Bintaro atau peristiwa kecelakaan kereta api di bintaro pada 19 Oktober 1987 dan kecelakaan Kereta api 146 Empu Jaya yang menabrak Kereta api 153 Gaya Baru Malam Selatan pada 25 Desember 2001. Kecelakaan ini mengakibatkan jatuhnya 20 orang meninggal dunia dan seratus orang mengalami luka-luka.

5. Sodomi kereta Kertajaya dan KA Gumarang di Stasiun Gubug

14 April 2006, Grobogan, 02.15 dini hari. Kereta api Kertajaya dengan masinis Nurhadi bertabrakan dengan kereta api Sembrani dengan masinis Muhadi. Sebanyak 14 orang tewas. Bermula dari KA Kertajaya yang masuk ke Stasiun Gubug dari arah Jakarta. Saat itu, Kertajaya masuk di Jalur 1. KA Gumarang kemudian masuk ke Stasiun Gubug di jalur 2. Setelah Gumarang melintas, seperti tidak sabar, KA Kertajaya beranjak keluar stasiun dan masuk ke jalur 2. Padahal, saat itu KA Kertajaya belum diberi aba-aba untuk jalan. Ketika KA Kertajaya masuk ke jalur 2 tiba-tiba KA Sembrani dengan masinis Muhadi datang dari arah Jakarta dengan kecepatan tinggi, dan tabrakan hebat pun tak dapat dihindari.

Demikian tadi beberapa PLH yang menjadi catatan yang memilukan perjalanan kereta api. Semoga peristiwa tersebut merupakan PLH yang terakhir dan tidak akan pernah terjadi lagi mengingat keselamatan manusia menjadi hal yang utama dalam transportasi massal ini.



Daftar Pustaka:
  • Wikipedia, 15 Juni 2016, Daftar kecelakaan kereta api di Indonesia, di dapat pada 22 Juni 2016 dari situs : https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kecelakaan_kereta_api_di_Indonesia

0 comments:

Post a Comment