Thursday, July 6, 2017

Melihat KA Babaranjang di Stasiun Gelumbang

Beberapa hari yang lalu kami berkunjung ke Stasiun Gelumbang. Stasiun Gelumbang (GLB) adalah stasiun kereta api yang berada di Gelumbang, Gelumbang, Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Stasiun ini terletak di antara Stasiun Stasiun Karangendah dan Stasiun Serdang. Stasiun gelumbang sendiri terletak diketinggian +21 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL). Stasiun yang kecil karena hanya memiliki dua jalur dan melayani persilangan KA.
Stasiun Gelumbang dan KA Babaranjang
Beberapa saat ketika sampai di Stasiun, terdengar kabar bahwa KA Babaranjang akan melintasi Stasiun Gelumbang. Hal ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi kami selaku pecinta Railfans. pasalnya, Kereta Babaranjang ini hanya ada di daratan Divre III Palembang dan Divre IV Tanjangkarang. Bagi teman-teman yang masih asing dengan KA Babaranjang, berikut ini sedikit informasi mengenai KA Terpanjang di Indonesia ini.

KA Babaranjang merupakan sebuah singkatan dari Kereta api batu bara rangkaian panjang. Kereta api jenis barang yang mengangkut batu bara milik PT Tambang Batubara Bukit Asam. Namun seiring banyaknya peminat moda angkutan barang ini, selain PT BA masih banyak perusahaan batu bara yang menggunakannya karena lebih efektif dan efisien dalam mendistribusikan batu bara. KA Babaranjang sendiri melayani relasi Tanjungenim (Palembang) - tarahan (Lampung). Angkutan Kereta Api sendiri sangat efektif mengingat jalur sungai musi semakin susah karena pendangkalan sungai.

KA babaranjang dapat berlari 40 s.d. 80 km/jam dengan jarak tempuh sekitar 420 Km. Saat ini rangkaian kereta Babaranjang telah mencapai 60 Gerbong. Lokomotif yang digunakanpun sesuai kebutuhan. Bisa menggunakan satu lokomotif dan adapula yang menggunakan tiga lokomotif. Disesuaikan dengan jumlah gerbong yang akan ditarik. Tentu saja lokomotif yang menjadi andalan adalah seri CC205 yang sangat tangguh dalam menarik beban.

Akibat panjangnya rangkaian kereta, para pemangku kepentingan Kota bandar lampung sempat protes karena KA babaranjang menyebabkan macet. Seperti kita ketahui, bahwa KA Babaranjang melalui sebagian kota-kota yang ada dinegeri ini. Salah satu solusi untuk mencegah kemacetan dengan relokasi jalur atau membuat fly over atau terowongan bagi para kendaraan motor.

Bagi railfans seperti kami, sangat menikmati keindahan dan kegagahan KA-KA yang ada di Indonesia ini. KA-KA tersebut sangat tangguh untuk melewati perbukitan, pantai, bahkan perkotaan seperti Kota Bandar Lampung. Penggunaan KA Barang seperti Babaranjang sendiri sangatlah bagus untuk pendistribusian sumber tenaga PLTU Suralaya di Banten.

Tak lupa, kami juga mendokumentasikan Video KA Babaranjang melalui channerl youtube di sini.
Demikian, sedikit pengalaman kami di Stasiun Gelumbang dengan melintasnya KA Babaranjang. Salam hangat untuk pecinta railfans.

0 comments:

Post a Comment