Skip to main content

Tanaman Hias yang Mudah Dipelihara di Dalam Ruangan

Rumah adalah surga bagi pemiliknya. Ketika berada rumah kita ingin mendapatkan suasana yang menyenangkan dan juga menyehatkan. Keadaan rumah seperti itu tidak terlepas bagaimana kita merawat rumah dengan sebaik mungkin. Selain kebersihan, kita juga perlu untuk menata dan memperhitungkan tanaman hias yang dapat mempercantik rumah dan tentu saja dapat menyehatkan.
Saya baru saja mendapatkan tanaman yang direkomendasikan. Tanaman hias berikut ini sangat mudah dipelihara khususnya di dalam ruangan. Berikut ini, beberapa tanaman hias yang masuk menjadi daftar pelihara di taman rumah.

Chinese Evergreen
Tanaman yang masuk pada family araceae ini ialah jenis hybrid dari tanaman asli yang berasal dari Asia Tenggara. Chinese Evergreen biasa dikenal dengan nama lokal Sri Rejeki (Aglaonema commutatum) ini, Sangat mudah hidup di daerah dingin maupun kering. Beberapa farieatas tumbuh dari jenis tamanan ini seperti red thailand aglaonema, "silver queen" aglaonema, dan sebagainya.
Chinese Evergreen oleh flowershopnetwork
Daun Sri rejeki berukuran panjang 15-25cm dan lebar 7,5cm sangat cocok dijadikan tamanan hias di indoor ataupun outdor. Dalam perawatan, tanaman ini tak memerlukan banyak perawatan khusus seperti pupuk maupun obat anti hama. Meskipun sering di padang sebelah mata, tamanan ini cukup tanggung dan terlihat hijau jika ditanam di pekarangan. Perlu diingat bahwa, aglonema tidak akan kuat dengan suhu dibawah 13 derajat celcius dan simpan tanaman anda di tempat yang jauh dari hembusan udara dari pintu atau jendela.

Dracaena Fragrans
Taman satu ini mungkin belum diketahui banyak orang. Tahu rupa namun tidak tahu nama. Taman hias satu ini mungkin sering terlihat di pekarangan rumah, namun karena kurang perawatan jadi tidak terlihat keindahannya. Padahal di negara lain seperti Inggris dan Amerika sejak tahun 1837 telah mencintai tanaman hias satu ini.
Dracaena Fragrans oleh superiorplantscapes
Nama ilmiahnya adalah Dracaena fragrans 'Massangeana'. Kebandelannya sudah tidak perlu diragukan lagi karena tanaman ini sangat mendukung sebagai tanaman indoor berbatang tegak dengan daun-daun yang menjuntai. Suhu ideal Dracaena Fragrans berkisar 16o s.d. 24o C. Beberapa jenis Dracaena adalah:

a. Dracaena Deremensis
b. Dracaena Marginata
c. Dracaena Draco
d. Dracaena Sanderiana
e. Dracaena Reflexa
f. Dracaena Godseffiana
g. Dracaena Fragrans

Lidah Mertua
Tanaman yang nama aslinya adalah Sansevieria trifasciata 'Laurentii', tak memerlukan perawatan untuk tumbuh dengan baik. Diluar negeri, tanaman ini lebih dikenal dengan nama Snake Plant karena memiliki motif daun yang mirip dengan sisik ular. Hampir semua jenis lidah mertua mampu bertahan kendati dalam pencahayaan rendah. Satu-satunya masalah yang dapat terjadi adalah akar membusuk jika terlalu banyak air.
Lidah Mertua oleh manfaat.co.id

Ada beberapa manfaat dari tamanan lidah mertua yaitu:
  1. Dapat menyerap 107 jenis polutan pada daerah yang padat lalu lintas dan ruangan yang penuh asap rokok
  2. Satu tanaman lidah mertua berjenis trifasciata lorentii dewasa dengan daun 4/5 helai mampu menyegarkan ruangan seluas 20m2. Hal ini berarti tamanan ini dapat menyehatkan ruangan yang mengandung gas karbon dioksida, nikotin rokok, serta pemakaian AC.
  3. Lidah mertua berjenis trifasciata lorentii yang dipotong 5 cm dan ditempatkan di kulkas dapat menghilangkan aroma yang tidak sedap.
  4. Mampu mereduksi radiasi elektromaknetik, sehingga sangat baik di letakkan di dekat TV atau PC.
Philodendron
Philodendron adalah sejenis tumbuhan dari suku Araceae, yang mempunyai banyak spesies. Namanya berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata philo ("cinta") dan dendron ("pohon"). Karena keindahan bentuk dan warna-warni daunnya, Philodendron banyak disukai sebagai tanaman penghias ruangan atau taman.

Philodendron adalah tumbuhan yang banyak dijumpai di hutan tropis seperti di Indonesia. Biasanya tumbuh di tempat-tempat yang lembap, di rawa, pada tepi sungai, maupun di pinggir jalan. Banyak anggotanya yang hidup merambat pada tumbuhan lain dengan bantuan akarnya.

Tanaman Laba-laba
Tanaman laba-laba (Spider Flower) - adalah tanaman dengan nama binatang yaitu laba-laba dengan bahasa ilmiahnya adalah chlorophytum comosum vittatum. Mungkin dinamakan laba-laba tanaman ini karena memiliki daun yang mirip dengan rambut dan jaring laba-laba yang bewarna hijau putih dengan garis putih. 
Tanaman Laba-laba
Tanaman ini masih saja populer sebagai tanaman indoor. Bentuknya yang rimbun dapat digantung maupun diletakkan sebagai tanaman pojok di atas pedestal tinggi. Anakan tanaman ini dapat dikembangkan di dalam air maupun ditanam di pot tanah sebagai tanaman baru.

Keladi-keladian
Keladi merupakan sekelompok tumbuhan dari genus Caladium (suku talas-talasan, Araceae). Dalam bahasa sehari-hari keladi kerap juga dipakai untuk menyebut beberapa tumbuhan lain yang masih sekerabat namun tidak termasuk Caladium, seperti talas (Colocasia). Keladi sejati jarang membentuk umbi yang membesar. Asal tumbuhan ini dari hutan Brazil namun sekarang tersebar ke berbagai penjuru dunia.

Penciri yang paling khas dari keladi adalah bentuk daunnya yang seperti simbol hati/jantung. Daunnya biasanya licin dan mengandung lapisan lilin. Ukuran keladi tidak pernah lebih daripada 1m. Beberapa jenis dan hibridanya dipakai sebagai tanaman hias pekarangan.

Cemara Norfolk
Cara memilihara tanaman cemara Norfolk adalah dengan menempatkan tanaman ini di area yang terkena sinar matahari langsung. Penyimpanan tanaman norfolk di indoor juga akan lebih baik. Temperatur yang di sukai cemara norfolk sekitar 16-24 derajat celcius. Pemupukan dapat dilakukan 2 minggu sekali.
Cemara Norfolk
Pencahayaan yang kurang mengakibatkan cemara Norfolk berubah menjadi cokelat dan rontok. Di habitat aslinya cemara ini dapat mencapai tinggi 60 meter. Namun sebagai tanaman hias di dalam ruangan, cemara norfolk umumnya hanya mencapai tinggi 3 meter.

Dieffenbacchia
Dieffenbacchia yang kerap disebut sebagai daun bahagia memiliki batang yang mirip dengan tebu. Kebanyakan orang menanamnya karena memiliki daun rimbun dengan paduan hijau putih, sehingga menjadikan penampilan tanaman ini cukup mempesona di dalam ruangan. Penampilan daun yang tebal berwarna hijau dan putih juga mempertegas nuansa tropis yang diberikan di dalam ruangan. Namun Anda haru sberhati-hati karena semua bagian tanaman ini beracun dan dapat menyebabkan iritasi parah pada bibir dan lidah. 
Dieffenbacchia oleh flickr.com
Dikutip dari forum.liputan6.com yang mengambil komentar seorang ibu kepada tribun menjelaskan bahwa 
“Saya belum lama ini, telah kehilangan anak saya yang baru berusia 3 tahun, usai ia memakan dan menelan daun dari tanaman beracun tersebut. Sungguh Anda harus waspada terhadap tanaman yang satu ini, hanya 15 menit anak saya meninggal dunia”.

Demikian tadi beberapa tanaman hias yang menjadi daftar yang wajib ada di halaman dan ruangan rumah. Selain mudah untuk merawatnya, tanaman tersebut sangat baik untuk menyegarkan udara di rumah.

Daftar Pustaka
  1. Tabloidnova, 13 November 2012, 10 Tanaman Hias Paling Mudah Dipelihara, di peroleh pada 20 Juni 2016 dari: http://tabloidnova.com/Griya/Taman/10-Tanaman-Hias-Paling-Mudah-Dipelihara
  2. Tanaman Obat, Manfaat tanaman lidah mertua, diperoleh pada 20 Juni 2016 dari: http://www.tanamanobat.net/manfaat-tanaman-lidah-mertua/
  3. Wikipedia.com



Comments

Popular posts from this blog

Prosedur, Teknik dan Bukti Audit

Dalam pelaksanaan audit, auditornharus melakukan pengumpulan bukti. Urutan langkah yang ditempuh oleh auditor dalam rangka memperoleh bukti disebut prosedur audit.
Arens terjemahan Wibowo (2004:242) mendefinisikan bahwa “prosedur audit (audit procedure) adalah metode atau teknik yang digunakan auditor untuk memperoleh dan menilai suatu bukti.”


Sedangkan, jenis-jenis prosedur audit yang dipergunakan dalam pemeriksaan diantaranya:
1. Inspecting, meliputi pemeriksaan atau penelitian secara cermat atas dokumen dan catatan secara detail. Juga meliputi pemeriksaan fisik atas aktiva berwujud untuk memperoleh pengetahuan langsung mengenai eksistensi dan kondisi (menilai physical evidence).
2. Confirming, suatu bentuk pengajuan pertanyaan yang memungkinkan auditor memperoleh informasi secara langsung dari sumbernya yang independen. Prosedur audit ini menghasilkan confirmation evidence.
3. Inquiring, suatu bentuk pengajuan pertanyaan lisan atau tertulis kepada pihak internal (ma…

Kenapa Perusahaan Perlu adanya Audit Internal

Dewasa ini sering sekali kita mendengar kata auditor. Apalgi semenjak era reformasi, fungsi auditor sangatlah diperlukan oleh negara secara umum dan perusahaan secara khususnya. Dari masa kemasa peran auditor sangatlah besar untuk ikut membantu negara mengurangi tingkat korupsi. Sangat tidak mudah untuk memberangus korupsi di negeri ini karena korupsi dilakukan dengan sistem yang sangat komplek dan sudah melibatkan banyak orang. Saya tidak akan membahas mengenai korupsi dinegeri ini, namun lebih tertarik untuk membahas dalam lingkup yang lebih kecil yaitu perusahaan. Perusahaan tempat kita bekerja sangatlah membutuhkan tenaga Audit internal. Kenapa? Banyak sekali alasan yang dapat menjawab pertanyaan kenapa perusahaan memerlukan tenaga auditor.  Salah satu fungsi Auditor internal adalah Sebagai pemberi assurance yang independen dan objektif .
Auditor dapat berfungsi sebagai pemberi informasi yang dapat digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan dari lembaga yang independen dan objekt…

Perbedaan Audit Internal dan Audit Eksternal

Audit internal memiliki perbedaan dengan audit eksternal dalam melakukan pekerjaannya. Auditor internal dan auditor eksternal seharusnya bertemu secara berkala (periodik) untuk mendiskusikan kepentingan bersama (yaitu efektivitas pengendalian internal) dan secara bersama-sama pula menentukan “bagian mana” dari organisasi yang memiliki potensi risiko. Adapun perbedaan tersebut menurut Sawyer’s (2009:8) adalah.
Audit Internal  Merupakan karyawan perusahaan, atau bisa saja merupakan entitas independenMelayani kebutuhan organisasi, meskipun fungsinya harus dikelola perusahaan. Fokus pada kejadian-kejadian dimasa depan dengan mengevaluasi kontrol yang dirancang untuk menyakinkan pencapaian organisasi. Langsung berkaitan dengan pencegahan kecurangan dalam segala bentuknya atau perluasan dalam setiap aktivitas yang ditelaah. Independen terhadap aktivitas yang diaudit, tetapi siap sedia untuk menanggapi kebutuhan dan keinginan dari semua tingkatan manajemen. Menelaah aktivitas secara terus m…

Kompetensi Auditor Internal

Dalam menunjang kinerjanya, Auditor harus memiliki Kompetensi yang memadai untuk melaksanakan pekerjaannya. Sebagai sebuah hubungan cara-cara setiap individu memanfaatkan pengetahuan, keahlian, dan perilakunya dalam bekerja. Kompetensi diwujudkan dalam kinerja. Jadi, kompetensi dapat dihubungkan ke hal-hal yang berkaitan dengan jenis tugas kontekstual tertentu, yakni berkenaan dengan apa yang harus dikerjakan, dan sebagus apa pekerjaan yang dilakukan (Sawyer’s, 2009:17).
Terdapat beberapa ahli yang mendefinisikan kompetensi auditor diantaranya adalah Mulyadi (2009:58) yang menjelaskan bahwa: “Kompetensi diperoleh melalui pendidikan dan pengalaman, setiap anggota harus melakukan upaya untuk mencapai tingkatan kompetensi yang akan meyakinkan bahwa kualitas jasa yang di berikan memenuhi tingkatan profesionalisme tinggi seperti di syaratkan oleh prinsip etika.” Menurut Siti Kurnia Rahayu dan Ely suhayati (2010:2) menjelaskan kompetensi adalah: “Kompetensi artinya auditor harus mempunyai …

Tujuan dan Ruang Lingkup Audit Internal

Sebagai seorang Auditor, kita harus mengetahui Tujuan dan Ruang Lingkup Audit Internal. Berikut ini Beberapa sumber yang menjelaskan Tujuan dan Ruang Lingkup Auditor Internal. Sebagai berikut.
Menurut Hery (2010:39) Tujuan dari audit internal adalah sebagai berikut : “Audit internal secara umum memiliki tujuan untuk membantu segenap anggota manajemen dalam menyelesaikan tanggungjawab mereka secara efektif, dengan memberi mereka analisis, penilaian, saran dan komentar yang objektif mengenai kegiatan atau hal-hal yang diperiksa.” Pada dasarnya tujuan dari audit internal adalah membantu manajemen di dalam suatu organisasi untuk menjalankan tugas dan wewenangnya secara sistematis dan efektif dengan cara memberikan analisis, penilaian, rekomendasi, konsultasi dan informasi sehubungan dengan aktivitas yang diperiksanya.
Menurut Sawyer’s (2009:10) Ruang lingkup audit internal adalah sebagai berikut: “Audit internal adalah sebuah penilaian yang sistematis dan objektif yang dilakukan auditor …

Standar Profesi Audit Internal (SPAI) #1 Standar Atribut

Standar profesi audit internal (SPAI) diterbitkan oleh Konsorsium Organisasi Profesi Audit Internal membagi standar audit menjadi dua kelompok besar yaitu Standar Atribut dan Standar Kinerja. Berikut ini uraian lengkap standar profesi audit internal (SPAI) yang dikutip dari buku pusdiklat bpkp yang disusun oleh Jaafar (2008:89-103):
Standar Atribut
a. Tujuan, Kewenangan, dan Tanggung jawab Tujuan, kewenangan, dan tanggung jawab fungsi audit internal harus dinyatakan secara formal dalam Charter Audit Internal, konsisten dengan Standar Profesi Audit Internal (SPAI), dan mendapat persetujuan dari Pimpinan dan Dewan Pengawas Organisasi.
b. Independensi dan Objektivitas Fungsi audit internal harus independen, dan auditor internal harus objektif dalam melaksanakan pekerjaannya. Independensi Organisasi, Fungsi audit internal harus ditempatkan pada posisi yang memungkinkan fungsi tersebut memenuhi tanggung jawabnya. Independensi akan meningkat jika fungsi audit internal memiliki akses komun…

Tahapan Audit

Bagi orang yang baru belajar menjadi seoarang Auditor mungkin perlu mengetahui tahapan-tahapan Audit. Tahapan audit adalah tahap-tahap yang harus dilalui oleh seseorang auditor dalam melaksanakan suatu proses audit. Tiap tahap mempunyai tujuan dan manfaat tertentu untuk mencapai tujuan audit. Tiap jenis audit memiliki tahapan yang berbeda.

Menurut Arens (2007), tahapan dalam audit operasional adalah sebagai berikut:
Tahap I : Perencanaan Audit Tahap II : Pengumpulan dan Evaluasi Bukti Tahap III : Pelaporan dan Tindak Lanjut
Meskipun tujuan audit dan jenis audit berbeda, menurut Taylor dan Glezen (1997), secara umum tahapan audit mencakup hal-hal berikut: Perencanaan auditPemahaman dan pengujian pengendalian internPengujian substantivePelaporan
Jika digambarkan dengan bagan, tahapan audit adalah sebagai berikut:

Pengembangan tujuan dalam proses dimulai dari Potensial Audit Objectives (PAO) yaitu pernyataan tujuan-tujuan audit dalam rumusan umum seperti ketaatan, efektivitas …

Kinerja Auditor Internal

Kinerja secara etimologi, berasal dari kata prestasi kerja (performance). Menurut Hasibuan (2009:94) prestasi kerja atau kinerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yag dibebankan kepadanya, yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman, dan kesungguhan serta waktu. Definisi kinerja karyawan menurut A.A. Anwar Prabu Mangkunegara (2005:9) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan kepadanya. Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa kinerja karyawan adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dilakukan oleh seseorang yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman, kesungguhan, dan waktu. Esya (2008) mendefiniskan Kinerja Auditor adalah sebagai ekspresi potensi kerja auditor berupa perilaku kerja seorang auditor dalam melaksanakan tugas kerja untuk mencapai hasil kerja yang optimal, yang dapat diukur melalui faktor o…

Fungsi dan Tanggung Jawab Audit Internal

Terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan mengenai fungsi dan tanggungjawab audit internal. Menurut Konsersium Organisasi Profesi Audit Internal (2004:11) fungsi audit internal adalah sebagai berikut: “Penanggungjawab fungsi audit internal harus mengelola fungsi audit internal secara efektif dan efisien untuk memastikan bahwa kegiatan fungsi tersebut memberikan nilai tambah bagi organisasi.”Fungsi audit internal menurut Hiro Tugiman (2006:25) menyatakan bahwa: “Fungsi audit internal adalah suatu pengawasan yang memiliki lingkup tidak terbatas tidak pembatas sumber, informasi, kewenangan untuk memerika hal apapun pada saat kapan pun, kebebasan untuk menyatakan sesuatu, menguji, mengevaluasi kegiatan organisasi yang dilaksanakan, dan dukungan sepenuhnya dari pimpinan organisasi.” Sedangkan fungsi audit internal yang dikemukakan Ardeno Kurniawan (2012:53) adalah : “Fungsi audit internal adalah memberikan berbagai macam jasa kepada organisasi termasuk audit kinerja dan audit operasiona…

Standar Profesi Audit Internal (SPAI) #2 Standar Kinerja

Standar profesi audit internal (SPAI) diterbitkan oleh Konsorsium Organisasi Profesi Audit Internal membagi standar audit menjadi dua kelompok besar yaitu Standar Atribut dan Standar Kinerja. Berikut ini uraian lengkap standar profesi audit internal (SPAI) yang dikutip dari buku pusdiklat bpkp yang disusun oleh Jaafar (2008:89-103):
Standar AtributStandar Kinerja
a. Pengelolaan Fungsi Audit Internal
Penanggung jawab fungsi audit internal harus mengelola fungsi audit internal secara efektif dan efisien untuk memastikan bahwa kegiatan fungsi tersebut memberikan nilai tambah bagi organisasi.
1) Perencanaan
Penanggung jawab fungsi audit internal harus menyusun perencanaan yang berbasis risiko (risk-based plan) untuk menetapkan prioritas kegiatan audit internal, konsisten dengan tujuan organisasi.
Rencana penugasan audit internal harus berdasarkanpenilaian risiko yang dilakukan paling sedikit setahunsekali. Masukan dari pimpinan dan dewan pengawasorganisasi serta perkembangan terkin…