Skip to main content

Plus Minus Pokemon Go

Pokemon go! Siapa yang tidak kenal game yang lagi digandrungi banyak orang ini. Pokemon go sendiri adalah sebuah permainan realitas tertambah dalam smartphone yang dikembangkan oleh Niantic, sebuah perusahaan sempalan milik Google, yang tersedia pada perangkat iOS dan Android secara terbatas di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan Jerman.
Pokemon Go
Pokemon sendiri diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada tahun 1995. Pada mulanya, Pokémon adalah seri permainan video yang identik dengan konsol Game Boy. Pokémon merupakan permainan video tersukses kedua di dunia setelah serial Mario yang juga dimiliki oleh Nintendo. Pokémon sendiri muncul dalam beragam bentuk, yaitu permainan video, anime, manga, trading cards, buku, mainan, dan masih banyak lagi termasuk sekarang ini dalam bentuk game berbasis augmented reality (realitas tertambah) di ponsel pintar. Permainan Pokemon Go sendiri menggunakan GPS (Sistem Pemosisi Global). Anda bermain dengan berjalan-jalan di dunia nyata menangkap monster virtual yang menggemaskan seperti Pikachu dan Jigglypuff di tempat-tempat dekat lokasi ponsel Anda dan melatih mereka untuk bertanding.

Beberapa istilah yang ada pada permainan ini adalah :
  1. Pokemon: pocket monster (monster paket)
  2. Pokestop: tempat penting
  3. Pokeball: persediaan yang dapat dilempar untuk menangkap Pokemon untuk dilatih
  4. Gym: lokasi dimana Pokemon bertanding satu sama lain
  5. Pikachu: Pokemon yang paling terkenal dan menjadi ikon di budaya Jepang
Setelah mengenal permianan Pokemon go, kita masuk pada judul artikel ini yaitu plus minus permainan ini. Tentu saja setiap permainan memiliki dampak positif dan negatif. Lalu apa yang dapat diberikan oleh aplikasi buatan niantic ini?

Plus
Kita awali dengan Plus atau nilai tambah permainan ini. 
1. Secara langsung membuat pemainnya bergerak dan berolahraga
Permaianan pokemon go adalah permainan berbasis GPS sehingga untuk mendapatkan pokemon dan melakukan aktifitas game ini harus berjalan atau bahkan berlari. Sehingga secara tidak langung tubuh kita akan bergerak dan seperti olahraga. Hal ini tentu saja berbeda dengan game yang lainnya yang cenderung harus berlama-lama di depan PC.
Map Pokemon Go

2.  Menghasilkan pendapatan
Sudah banyak sekali akun-akun pokemon yang dijual di eBay. Caranya adalah memasang iklan pada eBay dengan harga tertentu. Salah satu contohnya adalah artikel yang dimuat oleh kompas menyatakan bahwa Akun "Pokemon Go" Level Tinggi Dijual Jutaan Rupiah. Daftar akun-akun Pokemon Go yang dijual ini sekarang sudah mulai muncul di berbagai situs atau media sosial, antara lain adalah Craiglist, PlayerUp, dan Facebook. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah untuk yang berlevel tinggi dan memiliki pokemon langka.
Harga akun pokemon go di eBay


Minus
Sedangkan untuk dampak negatif dari pokemon go diantaranya adalah sebagai berikut: 
1. Menyita Waktu dan membuat tidak Fokus
Pokemon go sangatlah menyita waktu dan membuat orang cenderung ketagihan dan meninggalkan pekerjaannya. Kata Psikolog Vidyastuti, Jumat (15/7/2016) yang dikutip dari tribun news "Itu dampak dasar ketika orang bermain, secara umum akan menghabiskan waktu dan hal lain menjadi teralihkan. Apalagi game ini cara memainkan harus dengan berjalan ke luar rumah atau berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain,".

2. Membahayakan Jiwa Penggunanya
Banyak sekali kasus-kasus yang berikaitan dengan pokemon go. Dicuplik dari Liputan6.com dilaporkan bahwa dua orang gamer di kalifornia dikabarkan terjatuh dari tebing saat sedang bermain Pokemon Go. Kejadian tersebut berlangsung pada Rabu, 13 Juli 2016 pukul 13.10 waktu setempat. Selain itu, solopos.com mengabarkan bahwa terjadi kecelakaan fatal terjadi di Auburn, New York, Amerika Serikat. Sebuah mobil menabrak pohon dan mengalami kerusakan lumayan parah.“Sang pengemudi mengakui kalau dia sedang memainkan Pokemon Go sembari mengemudi yang membuat dia hilang konsentrasi sehingga menabrak pohon,” demikian keterangan dari kepolisian setempat.
Kecelakaan Parah karena Pokemon go oleh Solopos
3. Dijadikan Modus
Akhir-akhir ini ada larangan untuk memainkan permainan pokemon go. Diantaranya larangan kapolri untuk memainkan pokemon diwilayah kepolisian. Kemudian adanya larangan memainkan pokemon di wilayah istana. Beberapa larangan ini sangat beralasan mengingat permainan ini dapat dijadikan modus untuk memata-matai suatu lokasi yang rahasia. Bahkan ada modus lain dimana ada pemuda yang kepergok melakukan mesum namun beralasan sedang mencari pokemon. Hal itu dikabarkan oleh brilio.net dimana di Sukoharjo, Jawa Tengah, sepasang muda-mudi terpergok mesum di sebuah ruko. Setelah ditangkap warga, mereka mengelak dituduh berbuat mesum. Namun pemuda tersebut mengelak dakwaan warga dan beralasan sedang mencari pokemon. Ada-ada saja memang! Hati-hati bagi para orang tua jika punya pemuda seperti ini!

Memang banyak sekali dampak plus dan minus terhadap permainan pokemon go. Kita sebagai user permainan tersebut tentu saja harus bijak untuk menggunakannya. Jangan sampai hanya demi pokemon pekerjaan utama kita terganggu. Saran saya adalah gunakan permainan ini untuk sarana refreshing dari suntuknya rutinitas sekaligus berolahraga. Syukur-syukur dapat menjual akun dan mendapatkan penghasilan darinya. Untuk pemerintah sebaiknya punya cara lain selain hanya melarang dengan surat edarannya. Alangkah baiknya pemerintah langsung mengontak google agar didaerah yang sangat vital tidak dapat menggunakan map atau bahkan di hapus dari peta google. Mengingat ini adalah hak teritorial NKRI.

Demikian sedikit ulasan mengenai Plus dan Minus Pokemon go. Ini menurut pemikiran saya, Jika Anda memiliki pemikiran yang lain, silahkan berikan komentar pada kolom yang telah disediakan. Salam gamers!!

Daftar Pustaka:
  1. BBC, Pokemon Go: Semua yang perlu diketahui, 12 Juli 2016, diperoleh tanggal 21 Juli pada situs http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2016/07/160712_majalah_pokemon_go
  2. Kompas tekno, Akun "Pokemon Go" Level Tinggi Dijual Jutaan Rupiah, 18 Juli 2016, diperoleh tanggal 21 Juli pada situs: http://tekno.kompas.com/read/2016/07/18/13120017/Akun.Pokemon.Go.Level.Tinggi.Dijual.Jutaan.Rupiah
  3. Liputan6, Duh, Gara-Gara Pokemon Go Gamer Ini Terjatuh dari Tebing, 16 Juli 2016, diperoleh dari situs: http://tekno.liputan6.com/read/2553518/duh-gara-gara-pokemon-go-gamer-ini-terjatuh-dari-tebing
  4. Solopos, Mobil Remuk Tabrak Pohon Akibat Pengemudi Kejar Pokemon, 14 Juli 2016, diperoleh dari situs: http://www.solopos.com/2016/07/14/demam-pokemon-go-mobil-remuk-tabrak-pohon-akibat-pengemudi-kejar-pokemon-737168

Comments

Popular posts from this blog

Prosedur, Teknik dan Bukti Audit

Dalam pelaksanaan audit, auditornharus melakukan pengumpulan bukti. Urutan langkah yang ditempuh oleh auditor dalam rangka memperoleh bukti disebut prosedur audit.
Arens terjemahan Wibowo (2004:242) mendefinisikan bahwa “prosedur audit (audit procedure) adalah metode atau teknik yang digunakan auditor untuk memperoleh dan menilai suatu bukti.”


Sedangkan, jenis-jenis prosedur audit yang dipergunakan dalam pemeriksaan diantaranya:
1. Inspecting, meliputi pemeriksaan atau penelitian secara cermat atas dokumen dan catatan secara detail. Juga meliputi pemeriksaan fisik atas aktiva berwujud untuk memperoleh pengetahuan langsung mengenai eksistensi dan kondisi (menilai physical evidence).
2. Confirming, suatu bentuk pengajuan pertanyaan yang memungkinkan auditor memperoleh informasi secara langsung dari sumbernya yang independen. Prosedur audit ini menghasilkan confirmation evidence.
3. Inquiring, suatu bentuk pengajuan pertanyaan lisan atau tertulis kepada pihak internal (ma…

Kenapa Perusahaan Perlu adanya Audit Internal

Dewasa ini sering sekali kita mendengar kata auditor. Apalgi semenjak era reformasi, fungsi auditor sangatlah diperlukan oleh negara secara umum dan perusahaan secara khususnya. Dari masa kemasa peran auditor sangatlah besar untuk ikut membantu negara mengurangi tingkat korupsi. Sangat tidak mudah untuk memberangus korupsi di negeri ini karena korupsi dilakukan dengan sistem yang sangat komplek dan sudah melibatkan banyak orang. Saya tidak akan membahas mengenai korupsi dinegeri ini, namun lebih tertarik untuk membahas dalam lingkup yang lebih kecil yaitu perusahaan. Perusahaan tempat kita bekerja sangatlah membutuhkan tenaga Audit internal. Kenapa? Banyak sekali alasan yang dapat menjawab pertanyaan kenapa perusahaan memerlukan tenaga auditor.  Salah satu fungsi Auditor internal adalah Sebagai pemberi assurance yang independen dan objektif .
Auditor dapat berfungsi sebagai pemberi informasi yang dapat digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan dari lembaga yang independen dan objekt…

Perbedaan Audit Internal dan Audit Eksternal

Audit internal memiliki perbedaan dengan audit eksternal dalam melakukan pekerjaannya. Auditor internal dan auditor eksternal seharusnya bertemu secara berkala (periodik) untuk mendiskusikan kepentingan bersama (yaitu efektivitas pengendalian internal) dan secara bersama-sama pula menentukan “bagian mana” dari organisasi yang memiliki potensi risiko. Adapun perbedaan tersebut menurut Sawyer’s (2009:8) adalah.
Audit Internal  Merupakan karyawan perusahaan, atau bisa saja merupakan entitas independenMelayani kebutuhan organisasi, meskipun fungsinya harus dikelola perusahaan. Fokus pada kejadian-kejadian dimasa depan dengan mengevaluasi kontrol yang dirancang untuk menyakinkan pencapaian organisasi. Langsung berkaitan dengan pencegahan kecurangan dalam segala bentuknya atau perluasan dalam setiap aktivitas yang ditelaah. Independen terhadap aktivitas yang diaudit, tetapi siap sedia untuk menanggapi kebutuhan dan keinginan dari semua tingkatan manajemen. Menelaah aktivitas secara terus m…

Kompetensi Auditor Internal

Dalam menunjang kinerjanya, Auditor harus memiliki Kompetensi yang memadai untuk melaksanakan pekerjaannya. Sebagai sebuah hubungan cara-cara setiap individu memanfaatkan pengetahuan, keahlian, dan perilakunya dalam bekerja. Kompetensi diwujudkan dalam kinerja. Jadi, kompetensi dapat dihubungkan ke hal-hal yang berkaitan dengan jenis tugas kontekstual tertentu, yakni berkenaan dengan apa yang harus dikerjakan, dan sebagus apa pekerjaan yang dilakukan (Sawyer’s, 2009:17).
Terdapat beberapa ahli yang mendefinisikan kompetensi auditor diantaranya adalah Mulyadi (2009:58) yang menjelaskan bahwa: “Kompetensi diperoleh melalui pendidikan dan pengalaman, setiap anggota harus melakukan upaya untuk mencapai tingkatan kompetensi yang akan meyakinkan bahwa kualitas jasa yang di berikan memenuhi tingkatan profesionalisme tinggi seperti di syaratkan oleh prinsip etika.” Menurut Siti Kurnia Rahayu dan Ely suhayati (2010:2) menjelaskan kompetensi adalah: “Kompetensi artinya auditor harus mempunyai …

Tujuan dan Ruang Lingkup Audit Internal

Sebagai seorang Auditor, kita harus mengetahui Tujuan dan Ruang Lingkup Audit Internal. Berikut ini Beberapa sumber yang menjelaskan Tujuan dan Ruang Lingkup Auditor Internal. Sebagai berikut.
Menurut Hery (2010:39) Tujuan dari audit internal adalah sebagai berikut : “Audit internal secara umum memiliki tujuan untuk membantu segenap anggota manajemen dalam menyelesaikan tanggungjawab mereka secara efektif, dengan memberi mereka analisis, penilaian, saran dan komentar yang objektif mengenai kegiatan atau hal-hal yang diperiksa.” Pada dasarnya tujuan dari audit internal adalah membantu manajemen di dalam suatu organisasi untuk menjalankan tugas dan wewenangnya secara sistematis dan efektif dengan cara memberikan analisis, penilaian, rekomendasi, konsultasi dan informasi sehubungan dengan aktivitas yang diperiksanya.
Menurut Sawyer’s (2009:10) Ruang lingkup audit internal adalah sebagai berikut: “Audit internal adalah sebuah penilaian yang sistematis dan objektif yang dilakukan auditor …

Standar Profesi Audit Internal (SPAI) #1 Standar Atribut

Standar profesi audit internal (SPAI) diterbitkan oleh Konsorsium Organisasi Profesi Audit Internal membagi standar audit menjadi dua kelompok besar yaitu Standar Atribut dan Standar Kinerja. Berikut ini uraian lengkap standar profesi audit internal (SPAI) yang dikutip dari buku pusdiklat bpkp yang disusun oleh Jaafar (2008:89-103):
Standar Atribut
a. Tujuan, Kewenangan, dan Tanggung jawab Tujuan, kewenangan, dan tanggung jawab fungsi audit internal harus dinyatakan secara formal dalam Charter Audit Internal, konsisten dengan Standar Profesi Audit Internal (SPAI), dan mendapat persetujuan dari Pimpinan dan Dewan Pengawas Organisasi.
b. Independensi dan Objektivitas Fungsi audit internal harus independen, dan auditor internal harus objektif dalam melaksanakan pekerjaannya. Independensi Organisasi, Fungsi audit internal harus ditempatkan pada posisi yang memungkinkan fungsi tersebut memenuhi tanggung jawabnya. Independensi akan meningkat jika fungsi audit internal memiliki akses komun…

Tahapan Audit

Bagi orang yang baru belajar menjadi seoarang Auditor mungkin perlu mengetahui tahapan-tahapan Audit. Tahapan audit adalah tahap-tahap yang harus dilalui oleh seseorang auditor dalam melaksanakan suatu proses audit. Tiap tahap mempunyai tujuan dan manfaat tertentu untuk mencapai tujuan audit. Tiap jenis audit memiliki tahapan yang berbeda.

Menurut Arens (2007), tahapan dalam audit operasional adalah sebagai berikut:
Tahap I : Perencanaan Audit Tahap II : Pengumpulan dan Evaluasi Bukti Tahap III : Pelaporan dan Tindak Lanjut
Meskipun tujuan audit dan jenis audit berbeda, menurut Taylor dan Glezen (1997), secara umum tahapan audit mencakup hal-hal berikut: Perencanaan auditPemahaman dan pengujian pengendalian internPengujian substantivePelaporan
Jika digambarkan dengan bagan, tahapan audit adalah sebagai berikut:

Pengembangan tujuan dalam proses dimulai dari Potensial Audit Objectives (PAO) yaitu pernyataan tujuan-tujuan audit dalam rumusan umum seperti ketaatan, efektivitas …

Kinerja Auditor Internal

Kinerja secara etimologi, berasal dari kata prestasi kerja (performance). Menurut Hasibuan (2009:94) prestasi kerja atau kinerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yag dibebankan kepadanya, yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman, dan kesungguhan serta waktu. Definisi kinerja karyawan menurut A.A. Anwar Prabu Mangkunegara (2005:9) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan kepadanya. Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa kinerja karyawan adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dilakukan oleh seseorang yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman, kesungguhan, dan waktu. Esya (2008) mendefiniskan Kinerja Auditor adalah sebagai ekspresi potensi kerja auditor berupa perilaku kerja seorang auditor dalam melaksanakan tugas kerja untuk mencapai hasil kerja yang optimal, yang dapat diukur melalui faktor o…

Fungsi dan Tanggung Jawab Audit Internal

Terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan mengenai fungsi dan tanggungjawab audit internal. Menurut Konsersium Organisasi Profesi Audit Internal (2004:11) fungsi audit internal adalah sebagai berikut: “Penanggungjawab fungsi audit internal harus mengelola fungsi audit internal secara efektif dan efisien untuk memastikan bahwa kegiatan fungsi tersebut memberikan nilai tambah bagi organisasi.”Fungsi audit internal menurut Hiro Tugiman (2006:25) menyatakan bahwa: “Fungsi audit internal adalah suatu pengawasan yang memiliki lingkup tidak terbatas tidak pembatas sumber, informasi, kewenangan untuk memerika hal apapun pada saat kapan pun, kebebasan untuk menyatakan sesuatu, menguji, mengevaluasi kegiatan organisasi yang dilaksanakan, dan dukungan sepenuhnya dari pimpinan organisasi.” Sedangkan fungsi audit internal yang dikemukakan Ardeno Kurniawan (2012:53) adalah : “Fungsi audit internal adalah memberikan berbagai macam jasa kepada organisasi termasuk audit kinerja dan audit operasiona…

Standar Profesi Audit Internal (SPAI) #2 Standar Kinerja

Standar profesi audit internal (SPAI) diterbitkan oleh Konsorsium Organisasi Profesi Audit Internal membagi standar audit menjadi dua kelompok besar yaitu Standar Atribut dan Standar Kinerja. Berikut ini uraian lengkap standar profesi audit internal (SPAI) yang dikutip dari buku pusdiklat bpkp yang disusun oleh Jaafar (2008:89-103):
Standar AtributStandar Kinerja
a. Pengelolaan Fungsi Audit Internal
Penanggung jawab fungsi audit internal harus mengelola fungsi audit internal secara efektif dan efisien untuk memastikan bahwa kegiatan fungsi tersebut memberikan nilai tambah bagi organisasi.
1) Perencanaan
Penanggung jawab fungsi audit internal harus menyusun perencanaan yang berbasis risiko (risk-based plan) untuk menetapkan prioritas kegiatan audit internal, konsisten dengan tujuan organisasi.
Rencana penugasan audit internal harus berdasarkanpenilaian risiko yang dilakukan paling sedikit setahunsekali. Masukan dari pimpinan dan dewan pengawasorganisasi serta perkembangan terkin…