Skip to main content

Rute Perjalanan Kereta Api paling Menyeramkan di Dunia

Naik kereta api yang paling berkesan adalah perjalanannya yang sangat menarik. Di Indonesia, rute paling menarik adalah melalui jalur utara dimana anda akan dimanjakan dengan pemandangan gunung, laut, tebing yang tinggi dan sebagainya. Perjalanan tersebut ada yang menyenangkan dan ada pula yang membuat jantung berdetak kencang karena rute yang dilewati amatlah mengerikan. Kali ini akan dibahas rute atau jalur perjanan kereta api yang sangat menyeramkan yang ada di dunia.
Foto oleh:  DEAGOSTINI/GETTY
Sedikitnya ada 8 Rute Perjalanan Kereta Api paling Menyeramkan di Dunia, berikut ini rute-rute tersebut.

1.Death Railway Thailand
Burma Railway, atau juga dikenal sebagai Death Railway, adalah rute perjalanan kereta antara Burma-Siam dengan perjalanan sejauh 415 kilometer (258 mil) antara Ban Pong, Thailand, dan Thanbyuzayat, Burma, yang dibangun oleh Kekaisaran Jepang pada tahun 1943 untuk mendukung pasukannya dalam Perang Dunia II di Burma. Kereta api ini menyelesaikan jalur kereta api antara Bangkok, Thailand dan Rangoon, Burma (sekarang Yangon). Jalur ini ditutup pada tahun 1947, tetapi bagian antara Nong Pla Duk dan Nam Tok dibuka kembali sepuluh tahun kemudian pada tahun 1957.

2.Outeniqua choo Tjoe (Afsel)
Outeniqua Choo Tjoe adalah rute terakhir yang tersisa dan terus dioperasikan dengan kereta uap untuk angkutan penumpang di Afrika. Terakhir kali dioperasikan pada Juni 2009. Jalur kereta api ini diselesaikan pada tahun 1928, dan menghubungkan kota George hingga Knysna di Western Cape, Afrika Selatan. Perjalanan membutuhkan waktu 3 jam dengan pemberhentian di kota-kota Wilderness, Goukamma, dan Sedgefield. Pemandangan Sepanjang 67 kilometer (42 mil)  rute pantai kasar dari Garden Route sebelum mengakhiri dengan menyeberangi sebuah jembatan di atas laguna di Knysna.

3.Feather River Route USA
The Feather River Route adalah jalur rel yang dibangun dan dioperasikan oleh Western Pacific Railroad. Jalur tersebut dibangun antara 1906 hingga 1909, dan menghubungkan kota-kota seperti Oakland, California, dan Salt Lake City, Utah. Jalur ini dibangun untuk bersaing dengan Central Pacific Railroad yang pada saat itu mengadakan monopoli hampir semua layanan kereta api Northern California. Diberi nama The Feather River Route karena dari crossing-nya dari Sierra Nevada, di mana ia mengikuti membelah North dan Middle Forks Sungai Feather. Rute ini terkenal dengan kualitas teknik yang mengesankan dan keindahannya yang cukup besar. Semua rute yang sekarang dimiliki dan dioperasikan oleh Union Pacific Railroad. Namun, Union Pacific telah mentransfer bagian yang signifikan dari rute ke jalur lainnya. Bagian masih bernama Feather River Route oleh Union Pacific yang dijalankan dari California Central Valley untuk Winnemucca, Nevada.

4.Tren a Las Nubes Argentina
The Tren a las Nubes adalah layanan kereta wisata di Salta Provinsi, Argentina. Layanan ini berjalan di sepanjang bagian timur jalur kereta api Salta-Antofagasta dari Belgrano Railway (juga dikenal sebagai "C-14" line) yang menghubungkan Argentina Northwest dengan perbatasan Chili di pegunungan Andes, lebih dari 4.220 meter (13.850 ft) di atas permukaan laut. Kereta api tertinggi kelima di dunia. Awalnya dibangun karena alasan ekonomi dan sosial, sekarang yang paling utama adalah digunakan untuk menarik wisatawan sebagai kereta api warisan, meskipun tiket lebih murah juga tersedia untuk penduduk setempat untuk menggunakan kereta api sebagai transportasi.

5.Chennai-Rameswaram Route, India
Pamban Bridge adalah jembatan kereta api yang menghubungkan kota Rameswaram di Pamban Island ke daratan India. Dibuka pada tanggal 24 Februari 1914, itu jembatan laut pertama India, dan jembatan laut terpanjang di India sampai pembukaan Bandra-Worli Sea Link pada tahun 2010. Jembatan rel, untuk sebagian besar, jembatan konvensional beristirahat pada beton dermaga, namun memiliki bagian bascule double-leaf di tengah jalan, yang dapat diangkat untuk membiarkan kapal dan tongkang melewati.

6.Dawlish Rail Track UK
Stasiun kereta api Dawlish adalah Jalur dari Exeter ke Plymouth dan melayani kota Dawlish di Devon, Inggris. Stasiun ini dibangun di dinding laut, seperti jalur kereta api, dan sering mengalami kerusakan karena kedekatannya dengan laut. Bagian selatan stasiun melewati lima terowongan yang melalui tebing karena mengikuti garis pantai.

7.White Pass & Yukon Route, Alaska
White Pass & Yukon Route, Alaska (WP & Y, WP & YR) adalah Rute antara Kanada dan AS Kelas II 3 ft (914 mm) yang sempit yang menghubungkan pelabuhan Skagway, Alaska, dengan Whitehorse, ibukota Yukon. Sistemnya terisolasi, tidak memiliki koneksi langsung ke setiap kereta api lainnya. Peralatan, barang dan penumpang mengangkut dengan kapal melalui Pelabuhan Skagway, dan melalui jalan yang sering kali berhenti di sepanjang rute nya. Kereta api mulai dibangun pada tahun 1898 selama Klondike Gold Rush sebagai sarana mencapai ladang emas. Hingga selesai pada tahun 1900, menjadi rute utama untuk interior Yukon, menggantikan Chilkoot Trail dan rute lainnya. Rute ini terus beroperasi sampai tahun 1982, dan pada tahun 1988 sebagian dihidupkan kembali sebagai kereta api cagar budaya. Saat ini, kereta api ini menjadi anak perusahaan dari Clublink yang dioperasikan oleh Pasifik dan Kereta Api Arktik dan Navigasi Perusahaan (di Alaska), Columbia Yukon Railway Company Inggris (di British Columbia) dan Yukon Railway Company Inggris.

8.Lyton & Lynmouth Cliff, United Kingdom
Tebing tinggi yang memisahkan dua kota Lyton & Lynmouth Cliff, United Kingdom adalah kendala utama untuk pembangunan ekonomi di abad ke-19. Karena keterpencilan daerah, dan geografi kasar, penduduk desa harus bergantung pada laut untuk sebagian besar pengiriman batubara, kapur, bahan makanan dan kebutuhan lainnya, yang memiliki kemudian dibawa oleh kuda beban dan gerobak ke atas bukit curam ke Lynton. Tebing juga menimbulkan masalah bagi industri pariwisata berkembang. pembuat liburan mulai tiba di Lynmouth pada kapal uap dayung dari Bristol, Swansea dan pelabuhan lain Bristol Channel, dari sekitar tahun 1820. Ponies, keledai dan kereta yang tersedia untuk menyewa, tetapi gradien curam menyebabkan hewan memiliki kehidupan hanya singkat bekerja. Proposal pertama untuk mengangkat berbasis rel, mampu membawa penumpang dan barang, dibuat pada tahun 1881, meskipun skema pertama ini telah bertenaga uap.


Comments