Skip to main content

8 Transformasi Kereta Api Indonesia

Kerea Api Indonesia sudah berumur 73 tahun. Dalam usianya yang matang bagi sebuah perusahaan banyak sekali hal-hal yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan publik. Berikut ini adalah transformasi Kereta Api Indonesia versi masimamcom. 
8 Transformasi KAI

1. Penumpang Lebih Tertib 

Anda pasti ingat dengan penumpang diatas gerbong, penumpang berjejalan di Stasiun?! Sekarang hal itu sudah tidak terlihat lagi. PT KAI sudah membuat sistem sedemikian rupa untuk menata penumpang dengan cara memberlakukan sistem boarding, check-in dengan menunjukan bukti identitas diri dan memastikan penumpang mendapat kursi ketika berada di atas kereta. Apabila ada penumpang gelap atau penumpang yang tidak sesuai tiket maka dapat diturunkan di Stasiun terdekat. Dengan sistem ini penumpang sangat tertib sekali. 

2. Fasilitas Umum Sangat Baik 

Fasilitas umum sangat baik sekali. Pelayanan prima nampaknya menjadi tagline untuk memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang. Lihat saja lantai Stasiun yang sudah pakai granit, toilet yang sangat bersih, musholla, unit kesehatan, dan ruang khusus ibu menyusui juga disediakan. Hebatnya lagi, semua fasilitas umum sangat ramah untuk para defable. Semua perbaikan fasiltas tersebut sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM). 

3. Banyak Kereta baru 

Buat Anda yang suka naik kereta, pasti sudah tahu wajah baru kereta api kita sekarang. Banyak sekali kereta baru bermunculan. Kereta api yang menggunakan bahan stenless itu menghiasi perjalanan Anda. Selain menggantikan kereta lama yang rata-rata berumur 70 tahun, kereta api baru lebih baik dalam berbagai hal. Contohnya body lebih stabil, kursi disesuaikan sedimikian rupa, dan ada tambahan lubang untuk mendengarkan musik. Fasilitas seperti stop kontak, toilet ramah lingkungan dan lampu LED juga pasti sudah ada dong.. Kereta baru kita adalah buatan anak negeri yaitu PT INKA. ketika masimam naik kereta baru ini, rasanya lebih seger atau tidak capek ketika sampai tujuan. Padahal perjalanan berkisar 7 Jam lho. 

4. Rail Ticketing System 

Sejak tahun 2012-an kereta api sudah mulai menggunakan sistem tiket yang sangat baik. Namun sistem tersebut bekerjasama dengan PT Telkom sebagai rekanan. Sekarang ini, PT KAI sudah dapat membuat sistem pertiketan sendiri dengan nama Rail Ticketing System New Generation (RTS NG). Walaupun untuk sementara penggunaan sistem ini masih pada kereta-kereta lokal. Namun hal ini juga pantas diapresiasi karena dengan kaki sendiri PT KAI sudah dapat membuat sistem pertiketan yang mengakomodir kebutuhan penggunanya. 

5. Sleeper Train 

Nah, kereta ini merupakan kereta VIP PT KAI. Sleeper train merupakan kereta yang disediakan khusus buat para penumpang VIP yang ingin mendapatkan fasilitas kereta tidur. Jadi, kursi yang ada pada sleeper train tersebut dapat berubah menjadi tempat tidur yangs angat nyaman. Selain itu, ada pula LCD yang dapat digunakan untuk memutar film yang ada pada monitor. Kereta yang dinamai Luxury yersebut dapat dipesan melaui channel-channel yang telah disediakan. Harganya tentu saja untuk VIP ya gaes! 

6. Light Rail Transit (LRT) 

Sistem kereta ringan ini merupakan sebagai upaya untuk mengatasi kemacetan di Kota Palembang dan Jakarta. 2 Proyek LRT yaitu di kota jakarta dan palembang juga diperuntukan untuk menyambut gelaran olahraga se asia atau asian games. Saat ini proyek LRT Palembang sudah selesai dan sudah digunakan untuk melayani penumpang. Terselesaikannya LRT Palembang merupakan transformasi PT KAI yang patut diapresiasi karena pada tahun ini KAI mengoperasikan LRT yang sangat berbeda dengan jenis kereta terdahulu. 

7. Kereta Bandara 

Beberapa waktu yang lalu, PT KAI melalui anak perusahaannya berhasil membuka KA Bandara Soekarno Hatta. Kereta Bandara ini merupakan kereta Bandara kedua serelah KA Bandara Kualanamu. Patut disyukuri bahwa pembangunan di Jakarta merupakan bukan sesuatu yang mudah. Dari awal pembebasan lahan hingga pengadaan KA Bandara dengan PT Inka sebagai supliernya, selalu ada masalah yang dihadapi. Namun dengan kegigihan dan upaya untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang menghubungkan antara Bandara dengan daerah Kota, maka masalah tesebut dirubah menjadi tantangan. Alhasil, Awal tahun 2018 KA Bandara sudah berhasil dioperasikan. Mantab!! 

8. Kereta Premium 

Gosip beberapa tahun belakangan ini bahwa akan ada penghapusan kereta ekonomi. Nampaknya hal itu akan terjawab dibeberapa tahun kedepan. Kenyataannya PT KAI sudah tidak menggunakan KA Ekonomi maupun bisnis pada KA Harina. Menggunakan kereta premium yang disinyalir lebih bagus daripada KA Ekonomi (K3) ataupun KA Binis (K2). Saya pikir memang demikian. Jika diperhatikan pada K3 atau K2, pada kursi tidak ada sekat untuk membatasi antar penumpang dan kursinya tidak bisa diatur (recycling). Pada KA Premium yang sudah banyak beredar, selain KA Harina, KA Kaligung sudah menggunakannya terlebih dahulu. Apresiasi dari para penumpang sangat baik sekali. KA Premium di claim lebih manusiawi dariapda KA Ekonomi maupun bisnis. Wahh... itu luar biasa. Bisa dibanyakin tuh KA Premium. 

Sebenarnya banyak sekali prestasi yang menjadi transformai PT KAI. Seperti CC 121 yang selalu mendapat penghargaan dari dalam maupun luar negeri, ataupun inovasi yang lainnya. Namun penjabaran 8 transformasi KAI tadi paling tidak mewakili. 

Terimakasih sudah mengunjungi masimamcom. Ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Jangan Lupa Subscrbe channel Youtube atau Ikuti media sosial lainnya. Salam hangat buat kalian semua. Trims!!

Comments