Skip to main content

Kamera Mirrorless Murah buat Vlogger / Youtuber Pemula

Kian berkembangnya teknologi, sekarang ini banyak sekali pekerjaan-pekerjaan baru bermunculan. Salah satunya adalah Vlogger. Semua orang dapat menjadi Vlogger dengan tema-tema yang mereka sukai. Bahkan seorang Vlogger tidak harus bersekolah hingga Srata satu (S1). Banyak sekali teman-teman kita yang sukses menjadi Vlogger atau Youtuber dengan berbagai cara dan mengahdirkan konten yang menarik viewer. Selain itu, untuk menjadi Vlogger dibutuhkan kamera yang praktis namun dapat memenuhi segala kebutuhan untuk memperoleh video yang berkualitas. Bagi Anda yang berminat untuk menjadi Vlogger/Youtuber, berikut ini beberapa kamera mirrorless yang dapat menjadi referensi. 
Ilustrasi: Kamera Mirrorless Murah

1. Sony A5100 

Kamera milik Sony ini merupakan kamera mirrorless pertama mereka. Sony A5100 dibekali layar monitor flip 180 derajat sehingga Anda dapat melihat gambar dalam mode Self-potrait. Selain itu juga kamera yang dihargai dikisaran 5,7 s.d. 6 Juta ini memiliki kemampuan Auto fokus dan berkemampuan untuk mendeteksi 179 titik poin fokus. 

2. Canon EOS M10 

Kamera produk Canon ini meruapakan kamera mirrorless touchscreen dengan 18.0 MP APS-C Size CMOS Sendor. Buat saya yang penting juga untuk seorang vlogger adalah kemampuan kamera yang sudah dilengkapi dengan fitur wifi sehingga dapat memudahkan dalam mentransfer data. Kamera yang dibanderol seharga 4,7 s.d. 5,5 Juta ni sangatlah powerfull. Patut dicoba buat Youtuber atau Vlogger pemula. 

3. Fuji Film X-A5 

Kamera mirrorless selanjutanya datang dari fuji film. Pabrikan yang sangat populer di tahun 90an ini bangkit dengan kamera "mirrorless vintage" yang sangat mempesona. Kamera Produk Fuji Film sendiri banyak mencuri perhatian dan menjadi kabangkitan kamera mirrorless. Seri X-A5 memiliki fitur Flip sehinga memungkinkan untuk memotret diri sendiri (self potrait). Selain itu terdapat pula fitur touchscreen yang memudahkan untuk zoom out atau zoom in seperti penggunaan kamera pada HP. Kamera yang dibanderol sekitar 7,5 juta ini dapat merekam dengan kualiatas 4K dan dilengkapai dengan wifi yang memudahkan dalam mentransfer data. 

4. Nikon 1 J5 

Jenis kamera yang satu ini menyediakan Electronic Vibration Reduction (VR). Teknologi VR memungkinkan Anda memperoleh hasil video yang sharp dan steady. Harganya berkisar antara 4,5 Juta hingga 5 juta. Fitur-fitur lainnya mirip dengan kamera mirrorless yang lain. 

5. Panasonic Lumix DMC GF7K 

Selain beberapa kamera diatas, ada juga mirorless yang dapat dipertimbangkan yaitu Panasonic Lumix DMC GF7K. Harganya cukup tinggi juga sih.. berkisar 7,5 jutaan. Fitur yang ada juga seperti kamera yang lain yaitu layar flip, 16 MP Digital Live MOS Sensor, Wifi dan yang lainnya. 

Beberapa mirrorless di atas merupakan beberapa mirrorless dari berbagai merk yang pantas Anda coba. Jika saya sendiri menggunakan Fuji Film XA-10. Bagi masimamcom, yang paling diperhatikan dalam pemilihan kamera mirrorless adalah desain, fitur termasuk Wifi, dan juga harga. Fuji film XA-10 sangat mirip dengan seri XA-5. Hanya saja yang membedakan adalah fuji film XA-10 tidak ada input untuk penambahan blitz atau micropon di sisi bagian atas seperti XA-5. Namun harga XA-5 lebih murah dibandingkan XA-5. 

Sekian, sedikit referensi buat para Vlogger atau Youtuber pemula. Semoga bermanfaat dan jangan lupa meninggalkan komen ya.. Salam,

Comments