Skip to main content

Peliharaan Baru, Kura-kura Brazil Punya Fakta

Beberapa waktu yang lalu, Masimam diberi oleh teman kura-kura. Tidak tahu namanya apa, yang jelas ciri-cirinya adalah ada warna kuning/orange di belakang kuping si kura. Usut punya usut, kura-kura tersebut adalah kura-kura brazil. Seperti ini, penampakan kura-kura brazil tersebut.
Kura-kura brazil atau "red-ear slider"
Karena penasaran dengan dengan jenis kura-kura ini, masimam coba searching dan menemukan beberapa fakta seperti berikut.

1. Berasal dari Amerika Serikat
Walaupun dikenal di Indonesia sebagai kura-kura brazil atau dikenal juga sebagai "red-ear slider", ternyata kura-kura ini berasal dari bagian Amerika Serikat.

2. Banyak Warna
Kura-kura ini memanglah sangat colour full karena selain memiliki warna merah dibelakang mata sehingga menyerupai telinga, warna tempurungnya-pun memiliki warna antara hijau dan kuning. Sangat indah jika anda letakkan dalam aquarium dengan air yang sangat jernih.

3.  Daya Tahan yang Kuat
Kura-kura ini merupakan kura-kura yang sangat kuat. Sangat khas sekali dengan hewan-hewan kuat dari amerika selatan karena mudah sekali beradaptasi dengan lingkungannya. Saking kuatnya, kura-kura ini mampu hidup hingga 20 tahun dan panjang hingga 30 Cm. Hebat kan?!

4.  Berkemban biak dengan bertelur
Seperti jenis kura lainnya, "red-ear slider" berkembang biak dengan cara bertelur. Jumlahnya puluhan yaitu antara 20 hingga 45 butir telur setiap tahunnya. Bulan yang dipilih untuk berkembang biak adalah antara bulan agustus hingga september sebelum musim hujan gaes. Butuh waktu sekitar 3 minggu untuk para kutik menetas.

5. Kotorannya adalah sarang bakteri
Kura Brazil merupakan hewan yang suka berenang dalam air sehingga dia suka pup di aer. Menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa jika kebersihan kolam atau aquarium tidak diperhatikan, maka kotoran kura ini akan menjadi sarang bakteri dan kuman. Bahaya gaes!!

6. Binatang Omnivora
Hewan ini adalah pemakan segalanya atau omnivora. Makanan favoritnya adalah sayuran seperti kangkung dan wortel, Pelet ikan, Serangga dan cacing, Ikan dan daging ayam. Wah,,, kalau semuanya dimakan gitu, berarti jauh-jauhkan dari ikan peliharaan kalian ya bosque.

7. Bisa sakit juga
Yaiyalah, namanya juga mahluk hidup ya pasti bisa sakit. kebanyakan kura-kura brazil sakit karena kurang bagusnya kualitas air, kurang pencahayaan dan gizi yang kurang baik. Ciri-cirinya adalah tidak napsu makan, pernafasan yang buruk (pilek), mata bengkak (biasanya kura sering menutup matanya) dan perubahan warna atau bercak putih di tempurungnya.

8. Harga bervariasi
Karena jenis kura-kura ini bukan termasuk hewan langka atau dilindungi maka banyak sekali dijual dipasaran. Bahkan dijual onlen juga lho... harganya berkisar ribuan hingga jutaan. tergantung ukuran tubuh dan keunikan "red-ear slider" ya gaes!

Nah, beberapa fakta peliharaan baru masimam sudah dipegang. Sekarang saatnya merawatnya dengan baik hingga tidak sakit dan justru malah mati. Aamiin.
Buat teman-teman yang memiliki cerita menarik mengenai kura-kura brazil atau "red-ear slider" dapat komentar di kolom yang sudah tersedia atau kontak saya ya bro... :)

Comments