Skip to main content

Tips merawat AC mobil anda agar tetap memberikan kenyamanan secara terus menerus

Air Conditioner atau AC merupakan fasilitas pendukung dalam mengendarai mobil. Agar dapat memberikan kenyamanan secara terus menerus, AC harus dijaga dan dirawat secara teratur. Nah, terkadang kita tidak tahu apa yang dilakukan untuk menjaga AC dalam performa terbauknya. Berikut ini Tips merawat AC mobil anda agar tetap memberikan kenyamanan secara terus menerus

1. Jadwal untuk service AC 

Jadwalkan untuk men-service AC mobil anda dengan periode waktu 8-12 bulan sekali. Hal ini harus dilakukan agar AC anda dapat di kontrol performanya. Sekarang ini jarak tempuh sudah tidak efektif untuk diterapkan dalan jadwal service, mengingat banyak kota-kota besar yang mengalami kemacetan sepanjang hari seperti Jakarta. Indikator AC sudah waktunya diservis adalah suhu yang dihasilkan tidak sedingin sebelumnya. Penyebab, evaporator mulai kotor. Ciri lain, bau tidak sedap yang keluar dari kotoran di evaporator. Beban kerja sistem pun menjadi berat dab hal ini mengharuskan anda untuk membuat jadwal service secara berkala. 

2. Biaya perawatan AC Mobil anda 

Anggarkan biaya untuk service AC mobil secara berkala. Jangan langsung mengeluarkan uang untuk langsung mengganti AC mobil anda. Sebaiknya periksa dulu sistem sirkuit AC. Evaporator adalah target utama untuk dibersihkan karena kerap kotor. Selain itu, juga harus dilakukan penambahan oli untuk kompresor. Komponen yang wajib diganti setiap servis adalah dryer karena cara kerjanya sama dengan filter bensin. Freon juga perlu diisi ulang karena saat diservis pasti ada yang terbuang. Jika dilakukan pengecekan sistem serkuit AC tentunya biasaya perawatan mobil anda akan lebih murah daripada anda membeli AC yang baru. 

Demikaina tadi sedikit Tips merawat AC mobil anda, semoga bermanfaat dan dapat anda terapkan.

Comments