Skip to main content

Selain GooglePlus, Berikut Produk Gagal Google

Perusahaan yang sukses seperti google nampaknya tidak selalu berhasul dalam menjalankan bisnisnya. Banyak sekali produk-produk yang harus berakhir sebelum meraih kesuksesan. Tidak hanya googleplus, namun ada belasan dan mungkin ratusan proyek gagal. Berikut ini beberapa produk gagal dari mbah Google


Google Notebook, merupakan tempat untuk menyalin dan menempelkan URL atau menulis catatan yang dapat dibagikan atau dipublikasikan. Pada tahun 2009 berhenti dan digantikan google docs tiga tahun setelahnya. 

Orkut, merupakan jejaring sosial yang tidak bertahan lama. Layanannya berakhir pada September 2014. 

iGoogle, memungkinkan pengguna menyesuaikan beranda mereka dengan widget. Layanan berakhir pada tahun 2013. 

Dodgeball, merupakan layanan yang membuat pengguna dapat check in dilokasi. Produk ini dibeli dari Dennis Crowley pada 2005. Dua Tahun kemudian Foursquare berdiri dan mengalahkan dodgeball. 

Google Hangouts On Air, merupakan layanan yang mirip dengan Youtube. Layanan live streaming ini terlahir pada tahun 2012. Namun sekarang ini sudah tiada. 

Google Buzz, merupakan jejaring sosial yang terintegrasi ke Gmail. Layanan ini tutup pada Oktober 2011. Lagi-lagi isu soal privasi menjadi topik yang utama penutupannya. 

Ponsel Android edisi Google Play, Ponsel ini diperkenalkan pada musim semi 2014. Namun setahun setelahnya sudah tidak tersedia. 

Google Health, merupakan layanan informasi kesehatan dan kebugaran. Layanan ini ditutup pada 2012, dengan alasan tidak memiliki dampak sesuai harapan. 

Google X, merupakan alternatif untuk mesin pencari. Pada 16 Maret 2005 layanannya dihentikan. 

Google Glass, merupakan kacamata pintar yang hadir pada tahun 2012. Layanan diakhiri pada Januari 2015, sebelum sampai ke tangan konsumen. 

Google Catalogs, merupakan program belanja interaktif yang mendigitalkan katalog. Google mengakhir pengoperasian produk ini di 2013. 


Google Answers, merupakan layanan yang sangat bagus. Namun layanannya hanya bertahan sekitar 4 tahun. Layanannya berhenti pada tahun 2006. 

Lively, merupakan media sosial yang dapat berinteraksi dengan teman-teman mereka dan mengekspresikan diri secara online dengan cara baru. Layanannya berhenti pada tahun 2008. 

Google Wave, merupakan layanan yang dirancang untuk memungkinkan orang saling mengirim pesan dan mengedit dokumen. Berhenti pada pada Agustus 2010. 

Google Reader, merupakan sebuah aplikasi membaca berita, di mana pengguna dapat menarik cerita dari blog atau situs berita. Pada Juli 2013, Google Reader sudah tinggal kenangan.

Pepatah mengatakan, 
Kegagalan adalan kesuksesan yang tertunda

Mungkin pepatah tersebut benar adanya. Mengingat Google tetap bertengger di jajaran Perusahaan yang bonafit dan sukses. banyak sekali produk-produk yang kita digunakan hingga saat ini. Seperti Blogger, youtube, Search Engine, dll. Terimakasih Google, teruslah berinovasi tanpa mengabaikan privasi dan gaji kami.

Comments