Skip to main content

Tingkat Perencanaan Audit

Perencanaan Audit meliputi pengumpulan dan analisis data/informasi awal yang relevan dengan suatu penugasan audit yang akan dilakukan. Perencanaan audit dapat dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu:

1. Perencanaan Tahunan
Perencanaan tahunan (annual plan) merupakan perencanaan jangka menengah yang antara lain mencakup identifikasi unit-unit yang dapat diaudit (audit universe), penentuan unit audit yang menjadi prioritas, serta perencanaan staf, waktu dan durasi audit. Tujuan utamanya adalah untuk menyusun suatu rencana audit tahunan.

2. Perencanaan Setiap Penugasan
Perencanaan Setiap Penugasan (assignment Planning) merupakan perencanaan untuk setiap tugas audit yang sudah ditentukan dalam annual plan. assignment Planning mencakup diantaranya analisis atas penugasan, penentuan ruang lingkup audit, kebutuhan tenaga auditor, penentuan prosedur yang akan digunakan, rencana pemahaman unit auditee, dan pengaturan pelaksanaan berbagai prosedur (Pekerjaan audit). Hasilnya adalah prosedur-prosedur audit untuk dituangkan dalam program audit.

3. Pengembangan Audit Program dan Survei Pendahuluan
Pengembangan Audit Program dan Survei Pendahuluan membahas metode survei pendahuluan, penuangan berbagai aspek planning ke dalam audit program, format dan organisasi audit program, dan pengembangan prosedur pengujian.

Dengan tiga tingkatan perencanaan tersebut, dapat digambarkan seperti berikut.




Daftar Pustaka:
Pusat Pengembangan Internal AUdit, 2015. Perencanaan Audit Tahunan. Jakarta: Yayasan Pendidikan Internal Audit.

Comments