Skip to main content

Kereta api Minangkabau Ekspres, Kereta Api Tercepat di Padang?!



Kereta api Minangkabau Ekspres (Mineks) atau (Minexs) merupakan layanan kereta api komuter bandara kelas eksekutif yang melayani rute Pulau Aie-BIM dan sebaliknya. Tidak seperti kereta api ARS Kualanamu dan kereta ekspres Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang dioperasikan oleh Railink, kereta api ini dioperasikan oleh PT KAI itu sendiri melalui Divre II Sumbar.



Diresmikan pada 21 Mei 2018 oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Minangkabau Ekspres merupakan kereta api eksekutif pertama yang beroperasi secara reguler di Divisi Regional II Sumatra Barat. Kereta api ini memiliki jadwal 6 kali PP (per 6 Maret 2019), dan jadwal menuju stasiun Padang paling akhir berjalan pada malam hari sehingga memiliki kesan tersendiri karena suasana malam di dalam kereta (hal ini belum pernah terjadi sebelumnya di Divre ini untuk kereta api penumpang). Kereta api ini beroperasi rata-rata hingga 60-70 km/jam, yang membuatnya menjadi kereta api terkencang di Divisi Regional II Sumatra Barat. Wow... kereta tercepat!!

Perjalanan dari Stasiun Padang ke Bandara Internasional Minangkabau berjarak 23 KM dan membutuhkan waktu 50 Menit.

Kereta ini menggunakan satu trainset KRDE ME 204 buatan PT. INKA seperti halnya KA Bandara Internasional Adi Soemarmo dan KA Bandara Internasional Yogyakarta dan juga merupakan trainset pertama untuk KRDE seri tersebut lalu disusul oleh trainset berikutnya untuk KA Bandara yang lainnya. Memiliki 32 tempat duduk yang disusun 2-2 saling berhadapan. Satu rangkaian kereta ini terdiri dari empat kereta. Setiap harinya rata-rata penumpang Kereta api Minangkabau Ekspres adalah 393 orang.

Berikut ini adalah Informasi lebih lanjut mengenai Kereta api Minangkabau Ekspres







Semoga saja Kereta api Minangkabau Ekspres semakin baik lagi dalam hal pelayanan, kenyamanan dan ketepatan waktu sehingga menjadi solusi transportasi di Wilayah Sumatera Barat. Aamiin




Comments