Skip to main content

Mengubah Suara menjadi tulisan dengan Voice to Text

Halo teman-teman bertemu lagi dengan masimamcom. Kali ini saya ingin berbagi menggunakan aplikasi voice to text untuk merubah suara menjadi tulisan. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa mengubah pidato, obrolan, ucapan, atau pembicaraan seseorang menjadi sebuah teks tanpa perlu diketik.

Aplikasi ini sangat berguna, khususnya buat orang-orang yang bekerja dalam bidang tulis menulis. Selain itu, aplikasinya juga dapat digunakan untuk mahasiswa saat mendengarkan kuliah, seminar, atau yang lainnya.

Saat masuk pertama kali, Anda hanya perlu memencet tombol microphone dan memberikan akses ke perekaman suara di HP. Setelah tombol ini dipencet, maka suara yang Anda ucapkan akan langsung tertulis pada layar HP.

Selain mengubah ucapan ke teks, aplikasinya juga dapat dipakai untuk mengubah teks ke ucapan. Untuk berpindah, yang perlu dilakukan pengguna hanya mengganti tab ke “Text to Speech”. Kemudian mengetikkan kalimat yang akan diubah menjadi suara.

Voice to Text

Saat menggunakan aplikasi ini, sebaiknya Anda mengubah pengaturannya ke bahasa Indonesia terlebih dulu. Tujuannya adalah untuk mengurangi kesalahan ejaan.

Namun perlu diketahui bahwa aplikasinya hanya dapat digunakan dalam kondisi online. Apabila tidak ada koneksi internet atau koneksinya sedang buruk, maka perekaman atau layanan lain dalam aplikasinya tidak bisa diberikan dengan baik.

Berikut ini beberapa keunggulan dari aplikasi Voice to Text:

1.       Dapat merubah bahasa;

2.       Membuat catatan, email, sms, sns dengan menghubungkan suara;

3.       Tidak ada batasan durasi pembicaraan;

4.       Didukung dengan custom keyboard;

5.       Auto Spasi;

6.       Auto Save;

7.       Share;

8.       Export ke file berbentuk teks; dan

9.       Menghitung kata dan huruf.

Saat ini, sudah ada lebih dari 500 ribu orang yang mengunduh aplikasi ini, hanya lebih dari 5 ribu ulasan yang masuk dengan bintang 4,1 dari 5.

Demikian tadi sedikit review mengenai aplikasi yang dapat mengubah Suara menjadi tulisan dengan Voice to Text. Semoga bermanfaat, wassalamualaikum Wr.Wb.

Comments