Skip to main content

Belajar dari Siboen Channel, Upload video 3 menit hingga 6 Jam

Dunia Youtuber selalu menghadirkan berbagai cerita, salah satunya Siboen Channel yang telah memperoleh 1,23 Juta Subscriber. Sebelum sesukses dan menjadi icon kampung Youtube di Banyumas, kisahnya sungguh berliku.


Diantara yang paling berkesan adalah mengupload video dengan durasi 3 menit membutuhkan waktu hingga 6 Jam. "Saya mengalami kendala uploadnya. Uploadnya sinyalnya itu sulit sekali, di bengkel lama saya nyaris tidak ada sinyal. Jadi setiap jam 4 sore tutup bengkel membawa bahan (video) nunut (numpang) WiFi desa," ujarnya dikutip dari detiknet. Dari pukul 16.00 hingga selesai upload jam 22.00. Sangat lama sekali mengingat wifi yang digunakan adalah wifi desa yang digunakan bersamaan dengan anak muda yang bermain game.

Selain kendala upload juga , siboen memiliki kendala konten. Hingga saat ini sudah 2000 konten yang berhasil dia upload. Sebelum rajin upload video, si boen memiliki kendal berkenaan jenis konten yang dia buat. Sempat gonta-ganti jenis konten sebelum memantapkan di dunia perbengkelan sesuai keahliannya, hingga saat ini. Selain itu dia juga memiliki kendala grogi berbicara di depan kamera, sehingga dia menyiasatinya dengan cara membaca teks ketika video selesai direkam pada saat editing atau menjadi narator.


Proses menjadi Youtuber sukses (mendapatkan adsense) sekitar 6 bulan. Bahkan setelah mendapatkan penghasilan dari Youtube dia putuskan membeli rumah seharga 450 juta. Rumah tersebut adalah rumah produksinya membuat youtube dan juga bengkelnya.

Dari siboen kita belajar:

  • Rajin membuat konten sesuai keahlian;
  • Tetap konsisten dengan berbagai kendala;
  • Semua kekurangan pasti ada solusi.

Semoga saja kisah siboen dari banyumas ini menjadi inspirasi bagi Youtuber pemula. Jangan malas dan tetap kreatif dalam segala kondisi. Wassalam.


Referensi:

https://inet.detik.com/cyberlife/d-5603124/balada-kampung-youtuber-upload-video-6-jam-gegara-susah-sinyal?tag_from=wp_nhl_20

Comments

Post a Comment