Skip to main content

Cara Meghemat Kuota internet Saat Pakai WhatsApp, anti boros

Halo teman-teman semua, kembali lagi dengan masimam.com. Kali ini saya akan membagikan cara menghemat Kuota internet Saat Pakai WhatsApp. Tentu saja agar kita berhemat dan tidak boros.


Tahukah kalian jika WhatsApp ternyata mengambil quota yang sangat banyak sekali. Berikut cara mengetahui berapa konsumsi penggunaan quota internet pada Whatsapp.

Caranya adalah:


Pada Hape saya (Android) cek pada manajemen aplikasi>WhatsApp>Status Penggunaan Data> disitu akan muncu berapa konsumsi Data Seluler WhatsApp. Penggunaan saya adalah sebesar 3,59 GB. Lumayan juga kan penggunaan kuota WhatsApp ini.

 


Nah, bagi temen-teman yang suka menggunakan Whatsapp sebagai alat komunikasi dengan teman ataupun group perlu mengikuti cara sebagai berikut, Cara Meghemat Kuota internet Saat Pakai WhatsApp, anti boros:

a.      Matikan unduh otomatis

Pada WhatsApp kita sering sekali mendapat file berupa foto, video, audio dan juga dokumen. Hal ini tentu saja tidak hanya menguras penyimapanan kita, namun juga menyedot banyak kuota internet.

Kamu dapat mengatasinya dengan menonaktifkan download secara otomatis. Dengan begitu kalian akan mengunduh jika anda menginginkannya. Dengan demikian, kalian akan mengetahui mana-mana saja file yang dirasa penting untuk di download.

Untuk mematikan unduh otomatis, berikut ini caranya:

masuklah ke Settings > Data and Storage Usage. Kemudian untuk pengguna Android, terdapat tiga pilihan di bawah Media auto-download, yaitu:

·       When using mobile data

·       When connected on Wi-Fi;

·       When roaming.

Jika kamu ingin menghemat data seluler, pada bagian “When using mobile data”, hilangkan semua centangnya.

Dengan menggunakan cara tersebut, sekarang anda telah melakukan penghematan kuota dan juga membatasi file yang tersimpan pada Hape temen-temen semua.

b.      Gunakan Data minimum

Selain mematikan auto download, untuk menghemat kuota pada whatsApp dapat dilakukan juga dengan menggunakan data minimum. Penggunaan cara ini akan mengurangi pemakaian data / kuota ketika temen-temen melakukan telepon atau video call.

Kuota temen-temen akan lebih irit, namun kecepatan menerima pesan dan kulaitas telpon/vedeo call akan berkurang dari segi kualitas. Namun hal ini tidak akan menjadi masalah untuk dicoba.

Berikut ini cara menggunakan data minimum:

·       Masuklah ke Settings;

·       Pilih Data and Storage Usage;

·       Di bawah menu Call Settings, nyalakan toggle atau centang Low Data Usage hingga berwarna hijau.

c.       Matikan backup data

Cara selanjutnya adalah dengan mematikan backup data. Sebenarnya fasilitas ini berguna untuk membackup data-data yang ada pada WhatsApp, namun jika anda ingin menghemat penggunaan data seluler dapat menonaktifkan backup data. Dapat juga mengatur penggunaan data hanya menggunakan wifi. Caranya adalah sebagai berikut:

·       Masuk ke Settings, kemudian klik Chats;

·       Berikutnya masuklah ke menu Chat Backup dan Back up over;

·       Pilih Wi-Fi only.

d.      Matikan background data

Cara terakhir dari maimam.com adalah dengan mematikan background data. Caranya adalah:

·       Masuk ke menu Settings hp.

·       Pilih Apps.

·       Pilih WhatsApp.

·       Pilih Mobile Data.

·       Matikan Allow background data usage.

 

Kesimpulan:

Kita dapat melakukan penghematan pemakaian kuota internet dengan menggunakan beberapa cara seperti mematikan unduhan otomatis, menggunakan data minimum, mematikan backup data dan juga mematikan background data. Hal tersebut dapat anda lakukan dengan mudah. Namun yang perlu diketahui bahwa pengaturan tersebut memiliki beberapa kelemahan dengan kualitas yang didapat saat penggunaan WhatsApp. Sebaiknya anda pilih penggunaan wifi jika ingin menghemat kuoata / data seluler. Hal ini tentu saja akan sangat membantu kuota internet pada saat menggunakan WhatsApp.

Demikian tadi sedikit tips dari masimam.com bagi anda yang sedang “mencari” cara untuk menghemat kuota internet terutama saat menggunakan aplikasi whatsApp. Semoga anda “mengerti” dan mendapat penerangan setelah membaca/menonton turorial ini. Wassalam

Comments

  1. When you open the clamping unit, the two mould halves also open . The mold’s prominent function is the cavity, which is shaped by eradicating metallic from the two panties halves of the mating surfaces. The parting surfaces, or parting strains in a cross-sectional view of the mould, are the place the mould opens to take away the half created.

    ReplyDelete

Post a Comment