Skip to main content

El savador menjadi Negara pertama yang menggunakan Bitcoin layaknya uang cash?

Beberapa waktu lalu diadakan konferensi Bitcoin tahun 2021 yang diadakan di miami. Acara tersebut sebagai pertanda seorang presiden elsavador yang bernama Bukele mengumumkan bahwa bitcoin akan berfungsi sebagai uang tunai selain dollar. Di cuplik dari mashable.com bukele mengatakan bahwa "Minggu depan saya akan mengirimkan ke Kongres RUU yang akan membuat bitcoin menjadi alat pembayaran yang sah," 

Ilustrasi

Langkah bukele ini tentu saja sangat menarik mengingat sudah banyak perusahaan yang menerima uang crpto menjadi alat pembayaran. Namun, belum ada satu negarapun yang mengakuinya secara legal sebagai pengganti uang tunai.

Namun tentu saja banyak berdebat akan langkas presiden elsavador ini mengingat sifat fluktuasi bitcoin. Nilai bitcoin bisa saja sangat melonjak karena nilai bitcoin berdasarkan kepercayaan negara pencetaknya.

Masimam sendiri belum mendalami jenis mata uang ini karena di Indonesia masih belum begitu familiar. Hanya sebatas memantau bagaimana kiprah bitcoin di dunia mata uang. Semoga saja negara yang menggunakan mata uang bitcoin mendapat nilai manfaat yang sepadan.

Comments