Skip to main content

Minim Modal ? Coba 5 Ide Bisnis Kekinian untuk Milenial yang Mau Buka Usaha

Sekarang ini untuk memulai usaha tidak memerlukan modal yang besar. Sehingga kalian tidak perlu mundur untuk memulai usaha. Beberapa orang yang sering dijadikan contoh adalah Steve Jobs dan Bill Gates yang memulai bisnis dari bawah. Perjalanan bisnis mereka dimulai dari garasi, dan kini telah menjadi perusahaan raksasa kelas dunia. Kini, teknologi yang mereka kembangkan dibutuhkan oleh seluruh dunia dan juga membantu dalam menjalankan bisnis minim modal. Dengan bantuan teknologi itupula, sekarang ini memulai usaha bisa dilakukan dengan modal minim. Yang terpenting adalah etos kerja, keinginan yang kuat, serta gigih dan tekun menjalankan bisnis itu sendiri.



Kalau kamu kaum adalah seorang milenial maupun generasi Z yang sudah akrab dengan teknologi, berikut ini adalah beberapa ide bisnis minim modal yang masimamcom rekomendasikan.

1. Social Media Management

Kalian pasti sudah mengenal Facebook, Instagram, YouTube, dan bahkan Tiktok?
Banyak sekali tokoh publik, artis, pengusaha maupun atlit yang tidak memiliki waktu untuk mengelola media sosial. Sehingga, banyak sekali dari mereka membutuhkan waktu khusus untuk mengelola media sosial agar dapat rutin membuat konten, berinteraksi dengan follower atau berbagai hal yang dapat meningkatkan popularitas media sosial. Disinilah muncul peluang untuk ambil bagian membuat sosial media management.

Lihat saja beberapa tokoh yang telah membuat tim media sosial seperti berikut:

1.     Kedubes Inggris;

2.     Phil Foden; dll

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk menjadi media sosial management. Gajinya juga pasti tidak sedikit, mulai dari UMR hingga puluhan juta, tergantung kesepakatan dengan pemilik akun medsos.


2. Fotografi ke microstock

Ternyata sekarang ini, menjadi fotografer tidak memerlukan kamera yang cangggih dan mahal. Anda dapat menggunakan kamera dari handphone anda. Tinggal jeprat-jepret dan upload ke microstock seperti ShutterStock, Pixabay, dll. Maka anda akan mendapatkan uang darinya. Biasanya anda juga akan mendapatkan penawaran untuk mengambil foto sesuai tema yang ada pada microstock.

 

Salah satu contoh penggiat shutterstock adalah mas Bima adhitya, dia mendapatkan uang USD 117 selama menggeluti dunia microstock tersebut. Jika dirupiahkan adalah senilai Rp1.170.000,00. Lumayanlah karena bergerak dibisnis ini adalah mencari passive income, Ketika nanti sudah tidak bekerja lagi maka pendapan akan selalu ada, tergantung seberapa banyak foto yang diupload dan dibeli oleh konsumen seluruh dunia.



3. Video Production

Bisnis yang satu ini sangat cocok buat yang suka shooting dan editing video. Kini jasa video maker maupun video editor banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang memposting konten di Youtube, Instagram, maupun Tiktok. Kalau kamu mahir dalam hal ini, kenapa tidak dijadikan bisnis saja? Yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini adalah gadget untuk mengambil video dan video editing software. Bagaimana jika kamu belum mahir dalam shooting maupun editing video? Tidak perlu khawatir karena kamu bisa menemukan tutorialnya di internet maupun mengikuti kursus videography.



4. Jasa Les Privat atau seminar online

Kondisi pandemi mengubah pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran jarak jauh. Tak bisa dimungkiri, kondisi ini justru meningkatkan kebutuhan akan guru privat. Pasalnya, tidak semua anak bisa belajar secara mandiri di rumah sedangkan orang tua tidak selalu punya waktu untuk menemani belajar. Dengan prospek yang besar ini, tidak ada salahnya membuka jasa les privat atau seminar online. Untuk menjalankan bisnis ini, kamu tidak harus terjun langsung untuk mengajar les atau bisa mencari orang untuk membuka seminar. Banyak sekali seminar-seminar online yang memberikan kursus gratis namun membayar ketika ingin mendapatkan sertifikat atau anda bisa membuka les private dan mendapatkan uang dari orang-orang ingin mengikuti les tersebut.

 

5. Kuliner Khusus Take Away dan Delivery

Membuka restoran memang membutuhkan modal yang besar karena kamu harus membangun restoran itu sendiri dan menyediakan fasilitas di dalamnya. Namun, dengan modal minim kamu bisa memulai bisnis kuliner yang hanya melayani take away dan delivery. Apalagi dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, orang-orang lebih suka membeli makanan take away ataupun order delivery. Jika belum memiliki pegawai untuk melakukan delivery, kamu bisa memanfaatkan platform food shopping seperti Go Food, Shopee Food, dan Grab Food.

Baik-teman-teman itulah tadi beberapa ide bisnis yang dapat dijalankan dengan modal yang minim. Menurut saya adalah bagaimana anda mengelola bisnis tersebut dengan passion, sesuai hobby dan kesungguhan untuk menjalankannya. Banyak cara yang dapat digunakan sehingga anda harus pintar untuk management bisnis. Jangan terlalu memikirkan pendapatan yang harus didapat, namun pikirkanlah bagaimana bisnis tersebut dapat berkembang walau menggunakan modal yang minim.

sekian

Comments