Skip to main content

Jualan online, menguntungkan?

Akhir-akhir ini begitu banyak sekali jualan yang dilakukan secara online. Bahkan hypermarket online banyak tersedia, sebut saja tokopedia, bukalapak, dan sebagainya. Pertanyaan yang menarik dan perlu dicermati adalah, jualan online, menguntungkan?

Jualan online berarti melakukan aktifitas menjual secara online atau menggunakan jaringan internet. Jualan secara online sendiri dapat dibedakan menjadi 3 Jenis yaitu e-commerce, m-commerce dan a-commerce. Anda dapat mengetahui perbedaan jualan online tersebut di artikel perbedaan e-commerce, m-commerce, dan a-commerce. 

Sedikitnya ada 5 Keuntungan berjualan online, yaitu:
  1. Lingkup jualan yang sangat luas, tentu saja hal ini dapat terjadi karena kita dapat menjual dagangan lintas benua dan lintas negara asalkan ada internet;
  2. Hemat Biaya, penghematan yang paling dirasakan adalah penggunaan aset yang minimal. Seperti uang yang digunakan untuk sewa aset dapat dipotong secara signifikan. Kita juga dapat menggunakan rumah sebagai gudang persediaan;
  3. Tidak perlu sewa tempat;
  4. Mandiri karena dapat diurus sendiri;
  5. Waktu sangat fleksibel. Tidak seperti pekerja kantoran, berjualan online dapat mengatur waktu secara leluasa dan dimanapun dapat menjalankan usaha anda.
Contohnya sudah banyak pengusaha online yang sukses. Paling dekat adalah usaha yang dijalankan oleh istri saya. Berhenti dari sebuah zona nyaman sebagai pegawai sebuah Bank BUMN, dia memutuskan untuk 100% mengurus anak. Untuk menghasilkan penghasilan, dicobalah untuk berjualan kacamata import yang harganya lebih murah dibandingkan toko kacamata yang ada. Alhamdulillah, tanggungjawab sebagai istri dan Ibu dari anak-anak terlaksana dan hobby berjualan online-pun berjalan sangat lancar. Jualan online-pun dilakukan secara sederhana dengan menggunakan media instagram. Ternyata antusias di media sosial tersebut sangat bagus sehingga saat ini sudah memiliki hampir 30K follower.


Dari jualan online tersebut, kami telah memiliki ruko dan membuat toko online di website : micchie.com dan untuk kedepannya akan merambah bisnis online yang lainnya.
Jadi, saya pikir jualan online sangatlah menguntungkan asalkan dijalankan secara serius dan dikelola dengan profesional.

Untuk teman-teman yang ingin belajar online, silahkan ... jangan segan untuk menghubungi saya pada kontak yang telah disediakan.
terimakasih!

Comments